Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMK Negeri 10 Pandeglang

Nurmala, Ayu (2019) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMK Negeri 10 Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bagian Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (609kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (212kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (658kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (325kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (274kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (298kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ayu Nurmala. 152500044. 2019. Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMK Negeri 10 Pandeglang . Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan perencanaan program supervisi akademik kepala sekolah; 2) mendeskripsikan pelaksanaan program supervisi akademik kepala sekolah terhadap guru; 3) mendeskripsikan tindak lanjut supervisi akademik oleh kepala sekolah terhadap guru; 4) dan mendeskripsikan hasil supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah. Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 10 Pandeglang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa supervisi yang dilakukan kepala sekolah terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Pada tahap perencanaan supervisi yaitu menyusun program supervisi akademik, membuat jadwal supervisi, mensosialisasikan jadwal supervisi kepada guru, menentukan dokumen pembelajaran yang harus disiapkan oleh guru, dan mempersiapkan alat elektronik dan instrumen supervisi. Pelaksanaan supervisi akademik meliputi teknik supervisi individual yang terdiri dari teknik kunjungan kelas dan teknik pertemuan individu. Sedangkan teknik supervisi kelompok yang digunakan adalah rapat dewan guru atau diskusi serta pelatihan dan pembinaan dengan IHT (In House Training). Tindak lanjut dalam supervisi kepala sekolah adalah memanggil guru yang bersangkutan ke ruangan kepala sekolah, serta kepala sekolah akan melaksanakan pembinaan dan pelatihan kepada guru. Selain itu hasil supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dapat diketahui bahwa banyak kekurangan guru dari metode dan teknik untuk pembelajaran. Kata kunci: Supervisi akademik, kepala sekolah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 24 Mei 2019 02:41
Perubahan Terakhir: 24 Mei 2019 02:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3932

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.