Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Tigaraksa Kabupaten Tangerang).

Oktaviana, Nahda Azizah (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Tigaraksa Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (20kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Pernyataan keaslian skripsi dan lainnya fiks.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (119kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. BAB I SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (35kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
3. BAB II SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (200kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
4. BAB III SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (232kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
5. BAB IV SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (113kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
6. BAB V SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (33kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nahda Azizah Oktaviana. NIM 152101969, judul skripsi Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Tigaraksa Kabupaten Tangerang). Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam. Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa tersebut penulis menggunakan model pembelajaran Group Investigation, adapun teori yang melandasi yaitu suatu teori yang menghendaki agar pelajaran dilakukan dengan kelompok dan siswa mencari bahasan materi dengan cara menginvestigasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Tigaraksa Kabupaten Tangerang, bagaimana keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Tigaraksa Kabupaten Tangerang dan apakah model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Tigaraksa Kabupaten Tangerang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Tigaraksa Kabupaten Tangerang, keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Tigaraksa Kabupaten Tangerang dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan keilmuan, serta pemikiran yang bermanfaat, menjadi referensi untuk pembelajaran di kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten khususnya padaa jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan juga untuk meningkatkan pengembangan ilmu pendidikan khususnya mengenai model pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam sangat baik dengan nilait lebih besar dari t ,12.717 ≥ 1,672, sehingga dapat diartikan bahwa setelah perlakuan keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi atau lebih baik. iv Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran Group Investigation terhadap keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (Studi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Tigaraksa Kabupaten Tangerang). Kata kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, keaktifan belajar, Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 23 Mei 2019 02:00
Perubahan Terakhir: 23 Mei 2019 02:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3917

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.