Pendekatan Client Centered Therapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Dhuafa di Panti Asuhan (Studi Kasus di Panti Asuhan Putra Putri Kita Menes-Pandeglang)

Puspita, Rika (2019) Pendekatan Client Centered Therapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Dhuafa di Panti Asuhan (Studi Kasus di Panti Asuhan Putra Putri Kita Menes-Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (104kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II profil.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (252kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (281kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (267kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (103kB)
[img] Teks (BAB I)
SKRIPSWEET BAB 1 Pendahuluan.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (56kB)
[img] Teks (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Teks (ABSTRAK DAN LAIN LAIN)
SADAYANAAAAAAA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (636kB)

Abstrak

Nama: Rika Puspita. NIM: 143400353. Judul Skripsi: Pendekatan Client Centered Therapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Dhuafa di Panti Asuhan (Studi Kasus di Panti Asuhan Putra Putri Kita Menes-Pandeglang). Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Beberapa keadaan keluarga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik dalam pemenuhan kebutuhan anak, yang kemudian menyebabkan keterlambatan pada perkembangan anak. Semua itu menyebabkan anak memiliki masalah-masalah mengenai kepercayaan diri, Salah satu upaya untuk membantu anak dhuafa menstabilkan kondisi psikologis mereka agar memfokuskan diri pada masa yang akan datang dan menjadi lebih percaya diri dalam melakukan segala hal. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana kepercayaan diri anak dhuafa di panti asuhan?; 2). Bagaimana penerapan dan dampak client centered therapy dalam meningkatkan kepercayaan diri anak dhuafa di panti asuhan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui kondisi anak dhuafa di panti asuhan, 2). Untuk mengetahui penyebab-penyebab anak dhuafa tinggal di panti asuhan, 3). Untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan anak dhuafa di panti asuhan, 4). Untuk membantu klien agar mampu mengambil keputusan dan mengembangkan potensi mereka dalam mengatasi masalah mereka sendiri, 5). Untuk menjelaskan dan menerapkan pendekatan client centered therapy terhadap anak dhuafa di panti asuhan. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Asuhan Putra Putri Kita Menes-Pandeglang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini sebagai berikut: masalah kepercayaan diri yang dialami anak dhuafa di panti asuhan ini sangat berbeda-beda, ada yang merasa malu saat berbicara dihadapan teman-teman panti maupun sekolah, ada yang tidak percaya diri karena kekurangan fisik dan ada juga yang merasa kurang percaya diri karena kurangnya pengetahuan. Hal tersebut membuat mereka tidak bisa berkembang secara optimal karena masalah kepercayaan diri yang mereka alami. Penerapan client centered therapy untuk meningkatkan kepercayaan diri anak dhuafa yang diberikan pada 5 responden, dilakukan dalam beberapa pertemuan yang menghasilkan perubahan yang berbeda-beda. Terdapat perubahan diantaranya sebagai berikut: 1). Mulai belajar melatih diri agar berani saat berbicara dihadapan teman-teman, dengan belajar berbicara dihadapan teman sekamarnya.2). Tidak terlalu ketergantungan dengan (harus dipersilahkan guru terlebih dahulu) saat ingin menyampaikan pendapat. 3). Mulai melatih diri menghilangkan rasa cemas yang terlalu berlebihan meskipun belum terlalu menunjukan perkembangan yang sangat baik.4). Mulai bersyukur dengan keadaannya saat ini dan rajin berolahraga. 5). Mulai rajin membaca buku-buku pelajaran dan mengurangi membaca komik. Selama proses konseling dilakukan mereka mulai menemukan solusi dan jalan keluar bagi masalah kepercayaan diri yang mereka hadapi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 19 Feb 2019 07:33
Perubahan Terakhir: 19 Feb 2019 07:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3424

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.