Rochmah, Rochmah (2019) Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Negeri Sukalila Kota Serang. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
Teks (COVER)
caver.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (136kB) |
||
Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI baru.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (58kB) |
||
|
Teks (LAMPIRAN)
Lampiran Depan Daftar isi, Daftar Tabel.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (343kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (BAB I - V)
BAB I - V.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (310kB) |
||
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA baru.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (36kB) |
Abstrak
Rochmah, NIM. 1540100318, Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Negeri Sukalila Kota Serang. TESIS. Serang: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasasnuddin Banten, 2017. Prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangat rendah. Siswa kurang konsentrasi, kurang semangat dalam belajar dan tidak ada upaya untuk mencapai sesuatu yang bernilai lebih. Penelitan ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat prestasi belajar pendidikan agama Islam, 2) tingkat konsep diri, 3) tingkat motivasi berprestasi, 4) kontribusi konsep diri terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, 5) kontribusi motivasi berprestasi terhadap prestasi bealajar pendidikan agama Islam, 6) kontribusi konsep diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam. Metode penelitian adalah survei kuantitatif menggunakan analisis korelasional dan regresional. Populasi berjumlah 105 orang. Metode pengambilan sampel secara acak sederhana dan poroporsional. Sampel sebanyak 50 orang siswa. Data konsep diri, motivasi berprestasi diperoleh melalui angket, dan prestasi belajar diperleh dari hasil Ulangan Tengah Semester II . Uji validitas instrumen menggunakan perhitungan product moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1), tingkat prestasi belajar pendidikan agama Islam masuk katagori sedang dengan sekor mean sebesar 84,54; (2), tingkat konsep diri siswa masuk katagori sedang dengan sekor mean sebesar 64,50; (3), tingkat motivasi berprestasi masuk katagori sedang dengan sekor mean sebesar 68,70; (4), terdapat hubungan positif dan signifikan konsep diri dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, kontribusinya sebesara 11%; (5), terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, kontribusinya sebesar 16%; (6), terdapat hubungan positif konsep diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar, kontribusinya sebesar 22%. Peningkatan prestasi belajar dapat dilakukan melalui peningkatan konsep diri yang baik dan motivasi berprestasi yang tinggi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 13 Feb 2019 07:06 |
Perubahan Terakhir: | 13 Feb 2019 07:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3368 |
Actions (login required)
Lihat Item |