Implementasi Kompetensi Spiritual dan Sosial dalam Mengembangkan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMP Negeri 4 Kota Cilegon).

Mahfudz, Mahfudz (2019) Implementasi Kompetensi Spiritual dan Sosial dalam Mengembangkan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMP Negeri 4 Kota Cilegon). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks (ABSTRAK)
Abstrak-1 bahasa Indonesia.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (21kB)
[img] Teks (COPVER)
Cover Tesis.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (24kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (49kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (116kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB III.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (57kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (76kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (43kB)
[img] Teks (BIBLIOGRAFI)
Bibliografi.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (38kB)

Abstrak

Mahfudz NIM: 1540100327 judul tesis: Implementasi Kompetensi Spiritual dan Sosial dalam Mengembangkan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMP Negeri 4 Kota Cilegon). Pembentukan karakter merupakan dimensi belajar yang selama ini menjadi perhatian bangsa Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari tujuan dan fungsi penyelenggaraan pendidikan nasional adalah salah satu usaha yang dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk mendidik, membimbing, membina, mengajarkan, membentuk manusia Indonesia yang berakhlak mulia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta mampu mewujudkan atau mengembangkan segala potensi yang ada pada diri manusia dalam berbagai konteks dimensi seperti moralitas, keberagaman, individualitas (personalitas), sosialitas, keberbudayaan yang menyeluruh dan terintegrasi. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi kompetensi spiritual dan kompetensi sosial dalam kurikulum 2013 dalam mengembangkan karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?; (2) Sejauh manakah hasil pengembangan karakter siswa melalui implementasi kompetensi spiritual dan sosial dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Kota Cilegon?; Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi kompetensi spiritual dan kompentensi sosial dalam mengembangkan karakter siswa pada kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; (2) Untuk mengetahui sejauh manakah hasil pengembangan karakter siswa melalui implementasi kompetensi spiritual dan sosial dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Kota Cilegon. Dan manfaat diharapkan meninggkatkan niai-nilai pendidikan karakter dan implementasinya dalam proses pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan Demikian SMP Negeri 4 Kota Cilegon yang merupakan lokasi dimana peneliti melakukan penelitian, di SMP Negeri 4 Kota Cilegon sudah mampu menerapkan kedua kompetensi sikap tersebut dalam kegiatan siswa baik di dalam maupun di luar pembelajaran. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Implementasi kompetensi sikap spiritual di SMP Negeri 4 Kota Cilegon sudah berjalan lancar, terbukti dengan pencerminan kegiatan yang dilakukan oleh guru, staff karyawan beserta peserta didik dalam mengaplikasikan kompetensi sikap spiritual tersebut dengan baik. Sedangkan untuk kompetensi sikap sosial peserta didik dihadapkan langsung pada kegiatan kemasyarakatan, membantu korban bencana serta ikut kerja bakti dengan warga sekitar sekolah. Dan Pendidikan Agama dapat dijadikan basis untuk pembinaan karakter peserta didik. Guru pendidikan agama bersama-sama para guru-guru yang lain dapat merancang berbagai aktifitas sehari-hari bagi siswa di sekolah diwarnai dengan nilai-nilai ajaran Islam, dengan cara ini siswa diharapkan terbiasa untuk melakukan aktivitas-aktivitas keagamaan yang pada akhirnya dapat membentuk karakternya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Pascasarjana
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 13 Feb 2019 07:06
Perubahan Terakhir: 13 Feb 2019 07:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.