Hakim, Imammul (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Aktif) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits (Studi Eksperimen di MTs Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Teks (COVER)
COVER.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN .rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
|
Teks (SKRIPSI)
Skripsi Fix b5.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (211MB) |
|
Teks (LAMPIRAN BELAKANG)
lampiran belakang.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (10MB) |
Abstrak
Imammul Hakim. NIM: 142101814. Judul Skripsi: Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Aktif) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits (Studi Eksperimen di MTs Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang) Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Al-Qur’an Hadits masih kurang diminati oleh siswa sehingga hasil belajarnyapun rendah. Kurangnnya keterlibatan siswa langsung dalam proses pembelajaran, sarana dan prasarana belajar yang kurang memadai, penyampaian materi yang monoton menjadi faktor penyebab pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits berkesan membosankan sehingga tidak menarik perhatian siswa dan sulitnya untuk mendapatkan hasil belajar yang sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan model pembelajaran Active knowledge Sharing di MTs Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang? 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang? 3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Active knowledge Sharing di MTs Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang. Dan manfaat penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Peneliti, bagi Pengguna, bagi Lembaga, dan bagi Pengembangan Ilmu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design, dengan jumlah sampel 46 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari tes dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh melalui teknik analisis data dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan, ternyata diperoleh nilai thitung sebesar 9,918 dengan taraf signifikan sebesar 0,05 dan diperoleh nilai ttabel sebesar 1,681. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Aktif) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 13 Feb 2019 07:06 |
Perubahan Terakhir: | 13 Feb 2019 07:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3366 |
Actions (login required)
Lihat Item |