PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB BULUGUL MARAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH(Studi di MA Al-Inayah Cilegon)

SUSUILAWATI, SUSILAWATI (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB BULUGUL MARAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH(Studi di MA Al-Inayah Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (474kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (183kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (409kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (420kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (613kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB)

Abstrak

Hasil belajar Fiqih di Madrasah maupun Sekolah merupakan prestasi baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik sehingga sesuai standar kompetensi prestasi belajar siswa. Namun realitasnya bentuk materi pada mata pelajaran tersebut ternyata belum cukup untuk meningkatkan kemampuan baik kognitif, afektif dan psikomotorik yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan standar kompetensi. Untuk mendapatkan hasil belajar Fiqih yang lebih baik, maka diperlukan suatu inovasi pembelajaran bagi peserta didik, agar hasil belajar mereka meningkat. Pembelajaran kitab bulugul maram adalah salah satu bentuk materi yang mampu mengasah ilmu Fiqih serta Hadist.. Dari latar belakang yang ada maka rumusan yang diperoleh yaitu:1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab bulugul maram di MA AlInayah? 2) bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Inayah? 3) apakah terdapat pengaruh antara pembelajaran kitab bulugul maram terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA AlInayah? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab bulugul maram di MA Al-Inayah 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Inayah 3) untuk mengetahui pengaruh antara pembelajaran kitab bulugul maram terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Inayah. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Inayah Cilegon, dengan mengambil sampel sebanyak 50% dari 149 siswa, populasi diambil dari kelas XI MA Al-Inayah Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif menggunakan analisis korelasi product momen dengan teknik pengumpulan data : Angket dan Tes. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : 1) pelaksanaan pembelajaran kitab bulugul maram di MA Al-inayah berjalan dengan baik. 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih termasuk dalam kriteria sangat baik. 3) hasil analisis korelasi dengan menggunakan product moment (rxy) diperoleh hasil r = 0,51, hal ini menunjukan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup, adapun kontribusi variabel X dengan variabel Y diketahui 26,01 % sedangkan sisanya 73,99% dipengaruhi oleh faktor-faktor pendukung lainnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): KITAB BULUGUL MARAM
Subjek: 2x4 Fiqh
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2017 01:08
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2017 01:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.