Jannah, Siti Raudatul (2018) Implementasi Model Direct Instruction Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Eksperimen MTsN 4 Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Teks (COVER)
Cover Skripsi .docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (49kB) |
|
Teks (LAMPIRAN AWAL)
Lampiran Awal.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (73kB) |
|
Teks (BAB I - V)
Skripsi Bab I-5.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (201kB) |
Abstrak
Latar belakang dalam penelitian ini kurang adanya interaksi antara guru dan siswa maupun siswa dan siswa sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya interaksi dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti metode pembelajaran yang kurang membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model direct instruction, model ini mengikutsertakan siswa agar aktif dalam proses pembelajaran. keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, karena dengan siswa ikut berperan aktif maka siswa akan merasakan pembelajaran yang lebih bermakna. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana keaktifan belajar siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTsN 4 Kab. Tangerang, bagaimana keaktifan belajar siswa kelas kontrol pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTsN 4 Kab. Tangerang dan apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Direct Instruction dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTsN 4 Kab. Tangerang Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa di kelas eksperimen pada mata pelajaran Akidah Akhlak, untuk mengetahui keaktifan belajar siswa di kelas kontrol pada mata pelajaran Akidah Akhlak, untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Direct Instruction dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTsN 4 Kab. Tangerang. Dan manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran agar menciptakan suasana yang lebih menyenangkan dan antusias dalam belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Kab. Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain peneitian nonequivalent control group design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan setelah diberlakukan model direct instrution pada mata pelajaran Akidah Akhlak, yaitu dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 85,34 untuk kelas eksperimen dan 74,0 untuk kelas kontrol sedangkan dari hasil uji-t sebesar 3,46 > 2,021 karena thitung berada di daerah penerimaan Hi maka Hi dapat diterima, sebagaimana dari rumusan uji hipotesis, “Tolak Ho, jika thitung > ttabel dalam hal lain Ho diterima”. Hal itu menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol dapat diterima (Hi). Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan implementasi model direct instruction dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 21 Des 2018 01:24 |
Perubahan Terakhir: | 21 Des 2018 01:24 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3269 |
Actions (login required)
Lihat Item |