Sarifah, Siti (2018) Pengaruh Metode Word Square Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMP Negeri 1 Pakuhaji Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (826kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (239kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (833kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (396kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (417kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (161kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Salah satu upaya untuk memperbaiki rendahnya minat belajar siswa tersebut ialah dengan menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menarik minat siswa. Metode pembelajaran word square adalah metode yang diperkaya dan berorientasi pada keaktifan siswa dalam pembelajaran. Dengan metode word square ini siswa akan merasa lebih senang dalam mengikuti kegiatan proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: seberapa besar tingkat ketercapaian metode word square? seberapa besar tingkat ketercapaian minat belajar siswa pada mata pelajaran pendiidkan agama islam?; apakah terdapat pengaruh penggunaan metode word square terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat ketercapaian metode word square; untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat ketercapaian minat belajar siswa pada mata pelajaran pendiidkan agama islam; untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan metode word square terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Manfaat penelitian ini yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis yang ditujukan pada peneliti, guru, dan siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode ex-post facto, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil dari analisis presentasi data pada variabel X berjumlah 93,85% yang berarti metode word square termasuk dalam kategori baik, kemudian variabel Y berjumlah 89,5% yang berarti minat belajar termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan dengan menggunakan Product Moment (Rxy) diperoleh nilai korelasi sebesar 0,97 menunjukan bahwa antara metode word square dengan minat belajar siswa terdapat korelasi yang sangat tinggi. Adapun kontribusi metode word square terhadap minat belajar sebesar 94,09%, sedangkan sebesar 5,91% dapat dipengaruhi oleh faktor lain.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 11 Des 2018 10:05 |
Perubahan Terakhir: | 11 Des 2018 10:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3185 |
Actions (login required)
Lihat Item |