Hubungan Pembelajaran Kitab Riyadul Badi’ah Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi di MTs Ashhabul Maimanah Susukan Tirtayasa Kab. Serang).

Lutfiyah, Lutfiyah (2018) Hubungan Pembelajaran Kitab Riyadul Badi’ah Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi di MTs Ashhabul Maimanah Susukan Tirtayasa Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (49kB)
[img] Teks (LAMPIRAN)
BAGIAN MUKA SKRIPSI.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (104kB)
[img] Teks (FULL SKRIPSI)
ISI SKRIPSI.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstrak

Secara Formal, Pembelajaran diterapkan agar siswa mendapat prestasi belajar, masalahnya ialah daya tangkap siswa terhadap materi berbeda-beda sedangkan jam pelajaran yang diberikan di dalam kelas sangat terbatas sehingga pencapaian prestasi belajar tidak merata, maka dari itu dibutuhkan usaha atau inovasi untuk menyelesaikan masalah tersebut, salah satunya yaitu dengan mengikuti pembelajaran Kitab Riyadul Badi’ah. Belajar merupakan proses perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman yang dialami, Kitab Riyadul Badi’ah itu sendiri merupakan kitab yang membahas tentang masalah-masalah fiqih, dengan siswa mempelajari Kitab Riyadul Badi’ah sedikit banyaknya mampu mengantarkan siswa pada pemahaman yang lebih baik dalam keilmuan Fiqih. Maka dengan begitu siswa akan memiliki prestasi belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pembelajaran Kitab Riyadul Badi’ah di MTs Ashhabul Maimanah Susukan Tirtayasa Kab. Serang, mengetahui prestasi belajar siswa MTs Ashhabul Maimanah Sususkan Tirtayasa Kab. Serang pada mata pelajaran Fiqih dan mengetahui hubungan antara pembelajaran Kitab Riyadul Badi’ah dengan prestasi belajar siswa MTs Ashhabul Maimanah Sususkan Tirtayasa Kab. Serang pada mata pelajaran Fiqih. Metode yang digunakan ialah kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengemukakan korelasi antara dua variabel atau lebih. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan tertentu, maka didapatlah 30 orang siswa sebagai sampel. Instrumen penelitian: Observasi, Dokumentasi, wawancara dan Angket. Hipotesis penilitian ini ialah : 1) Ha = r x y ≠ o Artinya terdapat hubungan yang positif antara pembelajaran Kitab Riyadul Badi’ah dengan Prestasi Belajar, 2) HO = r x y = o Artinya tidak terdapat hubungan yang positif antara pembelajaran Kitab Riyadul Badi’ah dengan Prestasi Belajar Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks koefisien korelasi (rxy) = 0,70. Setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi “r” product moment diketahui bahwa angka 0,70 berada di antara (0,60 – 0,80) yang interpretasinya ialah: variabel X dan Variabel Y terdapat korelasi yang tinggi. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji signifikansi diketahui t hitung = 5,18 > t tabel = 1,70 Interpretasinya ialah terdapat korelasi yang positif antara Pembelajaran Kitab Riyadul Badi’ah dengan Prestasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Adapun kontribusi variabel X dan variabel Y dengan menggunakan koefisien determinasi sebesar 49% sedangkan sisanya 51% dapat dipengaruhi oleh faktor lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 26 Nov 2018 01:17
Perubahan Terakhir: 26 Nov 2018 01:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3051

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.