Muamar, Muamar (2018) Pengaruh Pendekatan Edukatif Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, di SMA Al-Ma’arif Cilegon. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
01 Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (167kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
02 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (321kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
04 BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (245kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
05 BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (435kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
06 BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
07 BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
08 BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (138kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (93kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sering ditemukanya penggunaan sebuah pendekatan pembelajaran yang kurang sesuai dengan perkembangan zaman modern ini. Sehingga siswa enggan mengikuti pembelajaran sesuai dengan norma yang berlaku disekolah. Oleh karena itu, sebagai pendidik sudah seharusnya bijaksana dalam menggunakan pendekatan pembelajaran kepada siswa, diantaranya yaitu dengan pendekatan edukatif. pendekatan edukatif adalah suatu pendekatan yang dilakukan guru terhadap anak didik yang bernilai pendidikan. Sedangkan minat belajar adalah perhatian, rasa suka, ketertarikan seseorang (siswa) terhadap aktivitas belajar yang ditunjukkan melalui keantusiasan, partisipasi, dan keaktifan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoretis maupun secara praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan analisis inferensial, dengan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Kuesioner (angket) dan Dokumentasi. Dan hasil penelitian diperoleh dari data penyebaran kuesioner terhadap 30 siswa kelas X (25 %) dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 118 siswa SMA Al-Ma’arif Cilegon. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dari analisis persentasi data pada variabel X (Pendekatan Edukatif) berjumlah 61,58 % dengan kesimpulan Lohitung lebih kecil dari Lotabel (0,318 < 0,886) berarti responden yang digunakan berdistribusi normal. Kemudian Variabel Y (Minat Belajar Siswa) berjumlah 65,56 % dengan kesimpulan Lohitung lebih kecil dari Lotabel (0,505 < 0,886) berarti responden yang digunakan berdistribusi normal. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan Product Moment (rxy) diperoleh nilai korelasi sebesar 0,48. Hal ini menunjukan bahwa Pendekatan Edukatif terhadap Minat Belajar Siswa terdapat korelasi yang sedang. Adapun kontribusi Pendekatan Edukatif terhadap Minat Belajar Siswa berpengaruh sebesar 30,80%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 26 Nov 2018 01:17 |
Perubahan Terakhir: | 26 Nov 2018 01:17 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3048 |
Actions (login required)
Lihat Item |