Sadriyah, Sadriyah (2018) judul skripsi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Pada Rumah Makan Saung Ibu Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Abstrak
Persaingan di dunia bisnis sekarang sudah semakin ketat. Hal ini juga dirasakan oleh pelaku bisnis kuliner seperti Rumah makan saung Ibu Kabupaten Tangerang. Banyak usaha-usaha sejenis yang bermunculan dengan ciri khas masing-masing. Agar pelanggan merasa puas dan tidak berpindah ke tempat lain, maka perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya. Kepuasan pelanggan dapat diciptakan melalui kualitas layanan. Secara khusus, penelitian ini membahas tentang kepuasan pelanggan Rumah makan saung Ibu Kabupaten Tangerang. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Saung Ibu? Tujuan penelitian ini adalah, Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan Pelanggan di Rumah Makan Saung Ibu? Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menafsirkan data yang berkenaan dengan fakta-fakta, sifat-sifat populasi secara sistematis, faktual dan akurat. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah pelanggan Rumah Makan Saung Ibu Kabupaten Tangerang, dengan menggunakan data kuantitatif yang mengambil data secara primer. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji t, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah : kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara positif terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji hipotesis yaitu uji signifikansi parsial (uji t) diperoleh t hitung 4.611 t tabel 1.984 H0 ditolak. Artinya variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah makan Saung Ibu Tangerang. Nilai koefisien korelasi R adalah 0.426 dan terletak pada interval koefisien 0.40 – 0. 599 yang berarti tingkat hubungan rendah. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi R2 sebesar 0.181, hal ini dapat diartikan bahwa variabel kualitas pelayanan memberikan kontribusi terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Saung Ibu sebesar 18.1% sedangkan sisanya sebesar 81.9 % ( 100 % - 18.1 %) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 335 Sosialisme & sistem terkait |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 26 Nov 2018 01:16 |
Perubahan Terakhir: | 26 Nov 2018 01:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3036 |
Actions (login required)
Lihat Item |