Tutolis, Arus (2018) Pengaruh Full Day School dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kota Cilegon. Magister thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Abstrak
Dalam proses pembelajaran, guru hanya sebagai penyampai ilmu pengetahuan, akan tetapi lebih dari itu, ia bertanggung jawab akan keseluruhan perkembangan menciptakan kepribadian siswa, ia harus mampu menciptakan proses belajar yang sedemikian rupa sehingga dapat merangsang siswa untuk belajar secara aktif dan dinamis dalam memenuhi dan menciptakan tujuan. Melalui perananya sebagai pengajar, guru hendaknya mampu mendorong siswa untuk senantiasa belajar dalam berbagai kesempatan melalui berbagai sumber dan media belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana full day school? (2) bagaimana motivasi kepala sekolah? (3) bagaiaman kinerja guru Sekolah Dasar? (4) bagaiaman pengaruh full day school terhadap kinerja guru? (5) bagaimana pengaruh motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru? dan (6) apakah terdapat pengaruh dari full day school dan motivasi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kota Cilegon?; Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan full day school, (2) mendeskripsikan motivasi Kepala Sekolah; (3) mendeskripsikan kinerja guru pada Sekolah Dasar di Kota Cilegon, (4) mendeskripsikan pengaruh full day school terhadap kinerja guru, (5) mendeskripsikan pengaruh motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru, dan (6) mendeskripsikan pengaruh dari full day school dan motivasi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitiatif korelasional dengan instrumen penelitian: angket. Adapun jumlah sampel atau responden yang menjadi fokus penelitian adalah pada Sekolah Dasar Insan Tama Cilegon, dan Sekolah Dasar Al-Azhar Cilegon dengan jumlah responden sebanyak 45 orang guru.Hasil penelitian ini adalah: (1) full day school pengaruh full day school terhadap kinerja guru dapat dilihat berdasarkan besarnya kontribusi variabel X1 kepada Y yang mencapai angka 12,96 % dengan kategori rendah; Sedangkan motivasi guru terhadap kinerja guru besarkontribusi variabel X2 dengan Y sebesar 17,64% dengan kategori rendah; dan berdasarkan hasi uji hipotesis penelitian menyatakan bahwa nilai koefisien korelasi ganda memperoleh angka Rx1x2y = 0,58 dengan signifikansi melalui uji Fhitung = 3,21 yang menyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara full day school dan motivasi guru secara bersamasama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kota Cilegon. Dengan besarnya kontribusi kedua variabel bebas kepada variabel terikat sebesar 33,64%. Sedangkan sisanya sebesar 66,36% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang dapat diteliti lebih lanjut.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 350 Administrasi publik & ilmu militer 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2018 06:09 |
Perubahan Terakhir: | 21 Nov 2018 06:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2994 |
Actions (login required)
Lihat Item |