ANGGRAENI, DEVI HANI (2018) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSEP PECAHAN (R&D di Kelas V SDN Serang 21 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (100kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (LAMPIRAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI DKK.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (22kB) |
||
|
Teks (BAB I)
BAB I DEHAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (222kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II DEHAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (199kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAAB III)
BAB III DEHAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (383kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV DEHAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V DEHAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (150kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI DEHAN.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (22kB) |
||
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DEHAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (159kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (JURNAL)
JURNAL.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (51kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik, yang layak untuk pembelajaran matematika konsep pecahan kelas V di SD Negeri Serang 21 Kota Serang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development/R&D), yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall, yang disederhanakan menjadi lima tahap. Yakni penelitian dan pengumpulan informasi, pengembangan produk, uji validasi, revisi produk, dan uji coba produk. Media yang dikembangkan diuji kelayakannya dengan validasi oleh ahli media dan ahli materi sebelum uji coba dilakukan. Uji coba dilakukan di SD Negeri Serang 21 Kota Serang dengan jumlah 31 orang siswa, yang dikelompokkan menjadi 10 kelompok, setiap kelompok terdiri dari tiga siswa, mendapatkan satu komik untuk dipahami bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,1 dengan kategori “baik”, dan hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kategori “sangat baik”. Hasil validasi uji coba produk pada siswa memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan kategori “sangat baik” dan hasil penilaian guru kelas V memperoleh skor 4,1 dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, media komik pembelajaran matematika layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 379 Public policy issues in education |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 14 Nov 2018 00:50 |
Perubahan Terakhir: | 14 Nov 2018 00:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2918 |
Actions (login required)
Lihat Item |