ImplementasiPendekatan Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMK Negeri 3 Cilegon)

Rahayu, Ira (2018) ImplementasiPendekatan Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMK Negeri 3 Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (21kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (379kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (184kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (401kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (388kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (379kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (160kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Masalah pembelajaran di SMK Negeri 3 Cilegon adalah belum memanfaatkan sumber belajar yang tersedia dengan maksimal. Resource Based Learning adalah suatu pembelajaran yang melibatkan berbagai sumber seperti buku, internet, surat kabar, dan alam sekitar. Rumusan dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Cilegon?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Cilegon pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?, 3) Apakah terdapat pengaruh yang siginifikan implementasi pendekatan resource based learning terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Cilegon pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Cilegon, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Cilegon, 3) Untuk mengetahui pengaruh dari implementasi pendekatan resource based learning terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Cilegon pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan sumbangsih ide tau gagasan tentang bagaimana Implementasi Pendekatan Resource Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam baik bagi penulis, lembaga, akademisi maupun pengembangan ilmu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Hasil penelitian berdasarkan uji-t menunjukkan thitung = 9,76 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikan α = 0,05 yang berarti thitung ≥ ttabel (9,76 ≥ 1,67) sehingga H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima, jadi hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan implementasi pendekatan resource based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2018 00:50
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2018 00:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2906

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.