PENGGUNAAN METODE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MEMAHAMI KEGIATAN BERMUSYAWARAH (PTK DI KELAS II SDN KALAPADUA 2 KECAMATAN TIGARAKSA, KABUPATEN TANGERANG)

NURADZIJAH, NURADZIJAH (2018) PENGGUNAAN METODE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MEMAHAMI KEGIATAN BERMUSYAWARAH (PTK DI KELAS II SDN KALAPADUA 2 KECAMATAN TIGARAKSA, KABUPATEN TANGERANG). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI UNYUN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (324kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (141kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (202kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks (BAB IV BAG.1)
BAB IV 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (168kB)
[img] Teks (BAB IV BAG.2)
BAB IV FIX 2 Tabel 4.1 new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (146kB)
[img] Teks (BAB IV BAG.3)
BAB IV 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (268kB)
[img] Teks (BAB IV BAG.4)
bab IV 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (148kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (132kB)

Abstrak

Permasalahan yang terjadi yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa, hal ini disebabkan karena rendahnya minat serta motivasi belajar s iswa dalam mempelajari mata pelajaran PKn , kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, serta aktivitas guru yang menyebabkan pembelajaran menjadi terpusat pada guru. Salah satu solusi masalah yang sesuai agar menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan me tode Think Pair and Share . Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penggunaan metode Think Pair and Share dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas II SDN Kalapadua 2 pada pelajaran PKn? 2) Bagaimana penggunaan metode Think Pair and Share dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas II SDN Kalapadua 2? . Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penggunaan metode Think Pair and Share dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas II SDN Kalapadua 2 pada pelajaran PKn. 2) Untuk mengetahui penggunaan metode Think Pair and Share dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas II SDN Kalapadua 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. T aggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perenc anaan, pelaksanaan, obervasi/pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan aktivitas siswa pada siklus I ( 62.9 % ), Siklus II ( 77.2 % ). Persentase ketuntasan hasil belajar pada pra siklus ( 52.5 % ), siklus I ( 67.9 % ), Siklus II ( 78.6 % ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 1) Dengan menggunakan me tode Think Pair and Share dapat meningkatkan aktivitas siswa. 2 ) Dengan menggunakan me tode Think Pair and Share dapat meningkatkan Hasil belajar siswa

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2018 00:48
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2018 00:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2868

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.