UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN DESIMAL MELALUI METODE OPEN ENDED LEARNING (PTK Pada Kelas V SDN Serdang 1 Kabupaten Serang)

MUTAWARIDA, SITI (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN DESIMAL MELALUI METODE OPEN ENDED LEARNING (PTK Pada Kelas V SDN Serdang 1 Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (134kB)
[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (310kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I. REV docx.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (164kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II. ok.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III rev.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (258kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (172kB)

Abstrak

Kualitas hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dengan menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal, menunjukkan hasil yang belum optimal di m ana salah satu faktornya adalah penggunaan metode dalam proses pembelajaran yang masih konvensional . Upaya untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan metode Open - Ended Learning (OEL). Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode open - ende d learning, aktivitas dan prestasi belajar siswa SDN Serdang 1 dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode open - ended learning, aktivitas dan prestasi belajar siswa SDN Serdang 1 dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2014/2015 pada tanggal 11 Mei 2015 dan 20 Mei 2015 di kelas V SD Negeri Serdang 1 Kecamatan Kramatwatu Kabu paten Serang, dengan cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan tes. Untuk menjawab permas a lahan tersebut peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang digunakan oleh Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empa t komponen: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dirancang sebanyak dua siklus di mana setiap siklusnya memuat keempat komponen kegiatan yang dilaksanakan secara sistematis. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metod e open - ended learning pada pembelajaran materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal diterapkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan , aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SDN Serdang 1 dan memunculkan ide atau gagasan kreatif siswa dengan menemukan cara/strategi yang berbeda dalam penyelesaian soa l operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal . Hal ini dapat dilihat pada nilai rata - rata hasil tes kemampuan siswa yang ter us meningkat pada setiap siklusnya yaitu, 70,43 pada siklus I menjadi 83,62 pada siklus II

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2018 02:16
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2731

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.