Fitri, Ismayanti (2018) Pengaruh Penggunaan Media Kartun Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Anak. (Kuasi Eksperimen di Kelas VI MIN 1 Kota Cilegon)”. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (20kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (285kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (175kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (314kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (246kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (162kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartun terhadap kemampuan menulis cerita anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (quasi eksperimen). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: hasil kemampuan menulis kelompok eksperimen dengan rata-rata (M) 80.69. Hasil kemampuan menulis kelompok kontrol dengan rata-rata (M) 74.86. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dengan pengujian menggunakan uji-t jenis Independent sampel t-test, data yang diperoleh thitung > ttabel, menunjukkan thitung = 4,838 dan ttabel 1,688. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai kemampuan menulis cerita anak dengan menggunakan media kartun dengan yang tidak menggunakan media kartun. Sehingga penggunaan media kartun berpengaruh dalam pembelajaran menulis cerita anak di kelas VI MIN 1 Kota Cilegon.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2018 08:34 |
Perubahan Terakhir: | 05 Nov 2018 08:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2690 |
Actions (login required)
Lihat Item |