PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE(CLIS) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (PTK) di Kelas III SDN Pagadungan 2 Kecamatan Karang Tanjung Kabupaten Pandeglang )

KUSMULYANI, UMI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE(CLIS) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (PTK) di Kelas III SDN Pagadungan 2 Kecamatan Karang Tanjung Kabupaten Pandeglang ). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (56kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (458kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (102kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (193kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (292kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran IPA materi penggolongan hewan di kelas III, hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yaitu dalam pembelajaran IPA masih berpusat pada guru dan hanya menggunakan metode ceramah,sehingga menyebabkan hasil belajar rendah. Adapun solusi perbaikan pembelajaran tersebut adalah penerapan model pembelajaran children Learning In Science (CLIS).Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam peningkatan hasil belajar IPA di kelas III SDN Pagadungan 2 Kec. Karang Tanjun g Kab. Pandeglang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam peningkatan hasil belajar IPA di kelas III SDN Pagadungan 2 Kec. Karang Tanjung Kab. Pandeglang.Penelitian ini dilakukan di SDN Pagadungan 2, di kelas III dengan jumlah 26 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Tagart dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas: perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data tes, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran melalui model CLIS semakin meningkat dari tiap-tiap indikator pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa tiap indikator pada Siklus I yaitu indikator 1 diperoleh nilai 58% dan indikator 2 diperoleh nilai 35%, meningkat menjadi 77% indikator 1 dan 88% indikator 2 pada Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan dapat disimpulkan bahwa penerapan model CLIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Pagadungan 2 dengan kompetensi dasar penggolongan hewan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran CLIS, Hasil Belajar IPA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 07 Apr 2017 00:14
Perubahan Terakhir: 07 Apr 2017 00:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.