KUSMULYANI, UMI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE(CLIS) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (PTK) di Kelas III SDN Pagadungan 2 Kecamatan Karang Tanjung Kabupaten Pandeglang ). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (56kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (458kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (193kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (292kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran IPA materi penggolongan hewan di kelas III, hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yaitu dalam pembelajaran IPA masih berpusat pada guru dan hanya menggunakan metode ceramah,sehingga menyebabkan hasil belajar rendah. Adapun solusi perbaikan pembelajaran tersebut adalah penerapan model pembelajaran children Learning In Science (CLIS).Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam peningkatan hasil belajar IPA di kelas III SDN Pagadungan 2 Kec. Karang Tanjun g Kab. Pandeglang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam peningkatan hasil belajar IPA di kelas III SDN Pagadungan 2 Kec. Karang Tanjung Kab. Pandeglang.Penelitian ini dilakukan di SDN Pagadungan 2, di kelas III dengan jumlah 26 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Tagart dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas: perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data tes, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran melalui model CLIS semakin meningkat dari tiap-tiap indikator pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa tiap indikator pada Siklus I yaitu indikator 1 diperoleh nilai 58% dan indikator 2 diperoleh nilai 35%, meningkat menjadi 77% indikator 1 dan 88% indikator 2 pada Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan dapat disimpulkan bahwa penerapan model CLIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Pagadungan 2 dengan kompetensi dasar penggolongan hewan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model Pembelajaran CLIS, Hasil Belajar IPA |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 07 Apr 2017 00:14 |
Perubahan Terakhir: | 07 Apr 2017 00:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/269 |
Actions (login required)
Lihat Item |