UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE THINK- TALK-WRITE PADA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN PROBLEMATIKA DAKWAH MASA KINI ( PTK Di Kelas VII B MTS Al- Mubarok Serang )

SAFITRI, ANITA (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE THINK- TALK-WRITE PADA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN PROBLEMATIKA DAKWAH MASA KINI ( PTK Di Kelas VII B MTS Al- Mubarok Serang ). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (180kB)
[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (560kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (252kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (477kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (319kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (76kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (221kB)

Abstrak

Pemilihan metode pembelajaran merupakan bagian penting dalam kegiatan proses pembelajaran karena mempengaruhi terhadap hasil belajar yang di dapat siswa, hasil belajar merupakan hasil penilaian pendidikan tentang kemampuan siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Seyogyanya guru dalam memilih ataun menggunakan metode harus memperhatikan dalam pemilihan metode pembelajaran, agar apa yang di sampaikan dapat mengenai tujuan juga menjadikan Siswa menjadi aktif dalam belajar. Kaitannya dengan itu, siswa kelas VII B MTs Al-Mubarok Serang dalam proses pembelajarannya belum dapat mengoptimalkan kemampuannya karena guru dalam proses pembelajarannya masih sering menggunakan ceramah atau monoton, hal ini berpengaruh pada hasil belajar yang didapatkan oleh anak didik rendah dan belum optimal sehingga belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penggunaan dan pemilihan metode bagi guru dalam kegiatan pembelajaran sangat penting, karena penggunaan serta memilih metode yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan metode TTW (Think-Talk-Write)Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Think-Talk-Write Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Pokok Bahasan Problematika Dakwah Masa Kini. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Apakah dengan Menggunakan metode Think-Talk-Write dapat meningkatkan hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pokok bahasan problematika dakwah masa kini dikelas VII B MTS Al-Mubarok ? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pokok bahasan Problematika Dakwah Masa Kini VII B MTs Al-Mubarok. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di laksanakan di MTs Al-Mubarok Jl H Abdul Latif Kelurahan Sumur Pecung Serang dimana penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Al-Mubarok. penulis menggunakan PTK model Kemmis dan Mc Taggart. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan metode TTW (Think-Talk-Write) dalam proses pembelajaran pokok bahasan Problematika Dakwah Masa Kini sangat tepat dikarenakan terbukti dari awal penerapan metode ini dari kegiatan pra siklus hingga siklus II siswa mengalami peningkatan. Pada Pra Siklus nilai rata-rata siswa 53,06, pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 74,32 dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 80,78. Berdasarkan hasil observasi pada kegiatan mengajar guru dan pada kegiatan aktivitas Siswa pada siklus I dan II mendapat peningkatan. Menggunakan metode Thik-Talk-Write Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadis Pokok Bahasan Problematika Dakwah Masa Kini. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Apakah dengan Menggunakan metode Think-TalkWrite dapat meningkatkan hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pokok bahasan problematika dakwah masa kini dikelas VII B MTS Al- Mubarok ? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pokok bahasan Problematika Dakwah Masa Kini VII B MTs Al-Mubarok. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di laksanakan di MTs Al-Mubarok Jl H Abdul Latif Kelurahan Sumur Pecung Serang dimana penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Al-Mubarok. penulis menggunakan PTK model Kemmis dan Mc Taggart. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan metode TTW (Think-TalkWrite) dalam proses pembelajaran pokok bahasan Problematika Dakwah Masa Kini sangat tepat dikarenakan terbukti dari awal penerapan metode ini dari kegiatan pra siklus hingga siklus II siswa mengalami peningkatan. Pada Pra Siklus nilai rata-rata siswa 53,06, pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 74,32 dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 80,78. Berdasarkan hasil observasi pada kegiatan mengajar guru dan pada kegiatan aktivitas Siswa pada siklus I dan II mendapat peningkatan. Menggunakan metode Thik-TalkWrite ternyata sangat baik untuk di terapkan pada proses pembelajaran .

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): HASIL BELAJAR
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2017 02:54
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2017 02:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.