Oktavianingsih, Rahayu (2018) Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa dalam Memotivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SDIT Al-Izzah Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (24kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (163kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (494kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (316kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II (edit struktur rev-4).pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (493kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (252kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (258kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (152kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (84kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Komunikasi merupakan kegiatan sehari-hari manusia dalam melakukan interaksi dengan orang lain guna mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam hubungannya dengan kegiatan belajar, bagaimana menciptakan kondisi atau proses yang mengarahkan siswa melakukan aktivitas belajar. Bagaimana guru melakukan usaha-usaha yang dapat menumbuhkan dan memberikan motivasi agar anak didiknya melakukan aktivitas belajar dengan baik pada saat di kelas maupun di luar kelas. Disinilah peran guru sangat penting. Guru pun tidak selalu lancar dalam melakukan komunikasi dengan siswanya, terkadang ada saja hambatan yang tak terduga terjadi seketika. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk komunikasi antarpribadi antara guru dan siswa?, 2) Hambatan komunikasi apa yang terjadi antara guru dan siswa dalam memotivasi belajar siswa?. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan bentuk komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh guru dan siswa, 2) Untuk mengetahui hambatan komunikasi apa yang terjadi antara guru dan siswa dalam memotivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. penelitian kualitatif diartikan sebagai salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan, atau tulisan. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: bentuk komunikasi antarpribadi antara guru dan siswa menggunakan komunikasi verbal dan non verbal. Adapun bentuk motivasi seperti, memberikan nilai tambahan, berupa hadiah, tujuan akhir, berupa hukuman, minat/keinginan diri, slide-slide video dan memberikan nasehat. Sedangkan hambatan yang terjadi antara guru dan siswa dalam memotivasi belajar yaitu hambatan semantis, antropologis, ekologis dan psikologis
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Komunikasi Antarpribadi dan Motivasi Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 303 Sosial proses |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 23 Okt 2018 03:12 |
Perubahan Terakhir: | 27 Mar 2024 02:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2540 |
Actions (login required)
Lihat Item |