KHODIJAH, SITI (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN THINK PAIR SHARE (PTK di Kelas V MI Jamiyatul Usbulyah Kecamatan Baros). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (283kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (151kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (190kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (141kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (565kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (14kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penerapan pendekatan belajar yang monoton membuat sisw a tidak tertarik dalam belajar dan kurang motivasi dalam belajar yang mengakibatkan siswa kurang aktif, bosan, dan pasif sehingga berakibat pada hasil belajar yang rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan pendekatan think pair share . Pe mbelajaran dengan menggunakan pendekatan think pair share menekankan siswa untuk berpikir/melatih siswa untuk berpikir, berbagi informasi dan melatih untuk mengeluarkan pendapat/ide. Pendekatan think pair share merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalahnya adalah bagai mana penerapan pendekatan think pair share untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di MI Jamiyatul Usbuiyah Bar os. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara menerapkan pendekatan think pair share pada mata pelajaran IPA, secara khususnya tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi penerapan pendekatan think pair sha re dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Jamiyatul Usbuiyah Baros. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.penelitian ini menerapkan d ua jenis analisis yaitu: analisis kuantitatif digunakan untuk melihat bagai mana kegiatan pembelajaran dikelas ketika menerapkan pendekatan think pair share yang konsisten, dan analisis kuantitaif untuk menganalisis hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil persentase ketuntasan pra siklus 27,5 meningkat pada siklus I pada indikator 1 ). 72,5% dan inikator 2 ). 82,5% da n pada siklus II meningkat menjadi 90% pada indikator I dan 95% indikator 2 .
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 19 Okt 2018 02:32 |
Perubahan Terakhir: | 19 Okt 2018 02:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2479 |
Actions (login required)
Lihat Item |