METODE BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN TANGGUNG JAWAB PADA ANAK YATIM (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling di Sanggar Genius Ceu Wita Yatim Mandiri Kota Serang)

FAUZIAH, SYIFA (2017) METODE BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN TANGGUNG JAWAB PADA ANAK YATIM (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling di Sanggar Genius Ceu Wita Yatim Mandiri Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (SAMPUL DEPAN)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (104kB)
[img] Teks (LAMPIRAN BAGIAN DEPAN SKRIPSI; ABSTRAK DLL)
print all.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (591kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (638kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (118kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (141kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (142kB)

Abstrak

Tanggung jawab merupakan salah satu karakter yang wajib dimiliki oleh setiap orang, karena setiap orang harus bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Anak yang memiliki rendahnya sense of responsibility terlihat dalam diri anak-anak yang berada di Sanggar Genius Ceu Wita Yatim Mandiri cabang Kota Serang. Hal ini terlihat karena anak lebih senang bermain dengan temannya dari pada belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana karakter tanggung jawab anak di Sanggar Genius Yatim Mandiri? (2) Bagaimana metode bimbingan kelompok dalam membimbing anak untuk memiliki karakter tanggung jawab? Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui keadaan karakter tanggung jawab anak yang berada di Sanggar Genius Yatim Mandiri. (2) Mengetahui bagaimana metode bimbingan kelompok dalam membimbing karakter agar memiliki rasa tanggung jawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian tindakan. Adapun data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Anakanak yang berada di Sanggar Genius Ceu Wita awalnya memiliki karakter tanggung jawab rendah seperti, tidak ingin belajar, selalu ingin bermain, iseng dengan temannya. 2) Metode bimbingan kelompok dengan pendekatan pengembangan dan menggunakan terapi behavioral yang dilakukan oleh peneliti dapat memberikan pengaruh pada perkembangan karakter tanggung jawab yang dimiliki oleh anak. hal ini terlihat dari hasil angket bahwa pada siklus I nilai rata-ratanya 78 dan pada siklus II nilai rata-ratanya menjadi 102.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): METODE BIMBINGAN
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2017 02:53
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2017 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.