SUKANDI, FITRI DIAH (2014) EFEKTIVITAS METODE BELAJAR ADVOKASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI IMAN KEPADA RASUL. Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.
|
Teks (Bab I)
BAB I.pdf - Versi Diterima Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (187kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (Bab II)
BAB II.pdf - Versi Diterima Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (425kB) |
||
Teks (Bab III)
BAB III.pdf - Versi Diterima Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
Teks (Bab IV)
BAB IV.pdf - Versi Diterima Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
Teks (Bab V)
BAB V.pdf - Versi Diterima Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) |
||
|
Teks (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Versi Diterima Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (136kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (Cover)
LAMPIRAN DEPAN.pdf - Versi Diterima Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (409kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Versi Diterima Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (348kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang kurang memuaskan pada siswa kelas VIII SMP Ihsaniyah dalam pembelajaran PAI pada materi iman kepada Rasul Allah, apalagi metode yang digunakan masih menggunakan metode ceramah, hal ini terlihat dari hasil tes siswa yang belum mendapatkan hasil belajar yang baik. Hal ini memberikan sebuah catatan bagi peneliti untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran PAI pada materi iman kepada Rasul Allah, sehingga rumusan masalah yang diajukan adalah : 1). Bagaimanakah penerapan metode belajar advokasi pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada Rasul di kelas VIII SMP Ihsaniyah kota serang ? 2). Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode belajar advokasi ? Tujuan yang ingin dicapai adalah 1). Untuk mengetahui penerapan metode belajar advokasi pada mata pelajaran PAI materi iman kepada Rasul di kelas VIII SMP Ihsaniyah kota Serang. 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode belajar advokasi. Metode penelitian yang diterapkan yaitu penelitian tindakan kelas dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian praktis yang dilakukan di dalam kelas dan bertujuan untuk memperbaiki praktik-praktik pembelajaran yang ada. subjek yang diteliti di kelas VIII A berjumlah 24 siswa dan lokasi penelitian di SMP Ihsaniyah Kota Serang tahun ajaran 2013-2014. Untuk mendapatkan hasil yang akurat maka dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan tes tulis, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : pertama, metode pembelajaran advokasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa dari 50 menjadi 87,5. Kedua, penggunaan metode belajar advokasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi iman kepada Rasul Allah. Hal ini membuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 79,16 dan pada siklus II yaitu 89,58. Ketiga, proses pembelajaran dengan menggunakan metode belajar advokasi (debat) terbukti meningkatkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dikarenakan siswa dituntut untuk belajar kritis dan berani mengungkapkan pendapatnya berkaitan dengan topik debat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Iman Kepada Rasul, Pendidikan Agama Islam |
Subjek: | 2x0 ISLAM (Umum) > 2x0.02 Islam dan Ilmu Pengetahuan 2x3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam > 2x3.01 Menurut Ahlisunah 2x3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam > 2x3.4 Iman kepada Nabi dan Rasul 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Admin 9008 |
Tanggal Disetorkan: | 24 Okt 2016 05:12 |
Perubahan Terakhir: | 25 Okt 2016 00:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/23 |
Actions (login required)
Lihat Item |