PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN TENTANG KEPEDULIAN SOSIAL (PTK di Kelas VIII MTs Gunung Putri Bogor)

SUDRAJAT, ROHMAT (2018) PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN TENTANG KEPEDULIAN SOSIAL (PTK di Kelas VIII MTs Gunung Putri Bogor). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
Cover Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (241kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (124kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (300kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (532kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (322kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (650kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (77kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (164kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Al - Qur’an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran sekolah yang menyesuaikan diri sejalan dengan kebutuhan, pada hasil observa s i yang telah di lakukan oleh peneliti di kelas VIII MTs Gun ung Putri, dengan jumlah siswa 3 8 orang, menunjukan hasil belajar yang masih rendah dan belum mencapai nilai KKM yaitu 75. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan Model Think Pair Share pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadits pokok bahasan tentang Kepe dulian Sosial di MTs Gunung Putri Bogor. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Model Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada amata pelajaran Al - Qur’an Hadits pokok bahasan tentang Kepedulian Sosial di MTs Gunung Putr i Bogor. Adapun manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan serta pengetahuan tentang Metode Think Pair Sha re dalam pembelajaran Al - Qur’an dan mendorong potensi belajar yang dimiliki siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yan g digunakan dalam penelitian ini adalah metode classroom action research yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas terhadap proses belajar mengajar Al - Qur’an Hadits dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share melalui dua siklus. H asil penelitian kuantitatif ini menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadits yang terlihat dari nilai rata - rata kelas pada Pra siklus (63,68), Siklus I (69,47), dan Siklus II (75,39), juga terlihat pada persent ase ketuntasan belajar siswa pada Pra Siklus (36,84%), Siklus I (52,63%), Siklus II (84,215%) . Simpulan yang diperoleh adalah bahwa penerapan Model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar Al - Qur’an Hadits pada materi Tentang Kepedul ian Sosial telah berhasil dilaksanakan dan peningkatannya yang cukup signifikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 17 Jul 2018 03:31
Perubahan Terakhir: 17 Jul 2018 03:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.