UTAMA, UKA DIAN KURNIA (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MELALUI METODE MIND MAPPING(PTK di Kelas III SDN Wirasinga I Kecamatan Mekarjaya Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (685kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (108kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (279kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (287kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (520kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V dan daftar fustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (167kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SDN Wirasinga I Kecamatan Mekarjaya Kabupaten Pandeglang. yaitu dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran B ahasa I ndonesia yaitu rendahnya membaca. Hal ini disebabkan karena kurang tepatnya meto de yang digunakan oleh guru sehingga siswa cenderung pasif saat pembelajaran, Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran bahasa Indonesia masih berpusat pada guru dan hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah dan penugasan metode yang sesuai agar me njadikan siswa aktif dalam pembelajaran adalah metode mind mapping Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana aktivitas siswa dalam upaya meningkatan kemampuan membaca di kelas III Sekolah Dasar Negeri Wirasinga I Kecamatan Mekarjaya Kabupaten Pandeglang? 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas III SDN Wirasinga 1 Kecamatan Mekarjaya Kabupaten Pandeglang dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan metode mind mapping ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskrips ikan proses aktivitas siswa dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca di kelas III SDN Wirasinga Kecamatan Mekarjaya Kabupaten Pandeglang. 2) Untuk mendeskripsikan proses hasil belajar siswa di kelas III SDN Wirasinga 1 Kecamatan Mekarjaya Kabupaten Pande glang dengan menggunakan metode mind mapping . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc Taggarat yang dilaksanakan dua siklus di kelas III SDN Wirasinga I dengan jumlah 27 siswa. Setiap sikl us terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi . Adapun metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas adalah metode pembelajaran mind m apping , metode ini merupakan m etode pembelajaran dengan menggunakan media gambar dan media kartu suku kata. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata - rata aktifitas pembelajaran siswa memperoleh 2,45 pada siklus I 3,09 pada siklus II hasil pembelajaran mengalami peningkatan pa da setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata - rata mencapai 65,18 dengan presentase ketuntasan 66 , 70%, dan pada siklus II nilai rata - rata mencapai 69,25 dengan presentase ketuntasan 85,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan metode mind mapping dapat meningkatkan aktifitas dan belajar siswa
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 09 Jul 2018 17:13 |
Perubahan Terakhir: | 09 Jul 2018 17:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2244 |
Actions (login required)
Lihat Item |