Penanganan Client Center Counseling untuk Mengatasi Kecemasan Santri dalam Menghadapi Ujian Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Daarul - falah Carenang Udik Kopo Kabupaten - Serang)

Maemunah, Siti (2018) Penanganan Client Center Counseling untuk Mengatasi Kecemasan Santri dalam Menghadapi Ujian Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Daarul - falah Carenang Udik Kopo Kabupaten - Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER SKRIPSIKU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (318kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
skripsi semangat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (732kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFATR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (532kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ujian sebagai kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar dan merupakan salah satu persyaratan kelulusan dari satuan pendidikan. Oleh karena itu ujia n sangat menarik perhatian para santri yang mengakibatkan munculnya kecemasan saat menghadapi ujian pondok dan akan berakibat buruk terhadap cara belajar santri, hasil belajar santri, kepercayaan diri santri maupun konsep diri santri. Kecemasan tersebut me nurunkan akademik santri dan menjadikannnya santri panik yang berpengaruh terhadap rendahnya prestasi santri. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa bentuk dan faktor kecemasan santri kelas enam dalam menghadapi ujian Pondok Pesantren Daarul - Falah Kabupaten Serang? 2) Bagaimana teknik penerapan Client Center Counseling terhadap kecemasaan santri dalam menghadapi ujian Podok Pesantren Dārul - Falah Kebupaten Serang? 3) Bagaimana efektivitas penerapan Clien t Center Counseling terhadap kecemasan santri dalam menghadapi ujian Pondok Pesantren Dārul - Falah Kabupaten Serang? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan bentuk dan faktor kecemasan santri kelas enam dalam menghadapi ujian Pondok Pesantr en Daarul - Falah Kabupaten Serang. 2) Untuk menjelaskan teknik penerapan Client Center Counseling untuk mengatasi kecemasan santri dalam menghadapi ujian pondok di Pesantren Daarul - Falah Kabupaten Serang. 3) Untuk menjelaskan efektivitas penerapan Client Ce nter Counseling terhadap kecemasan santri dalam menghadapi ujian pondok di Pesantren Daarul - Falah Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan format desain deskriptif, yaitu memberikan gambaran terhadap subjek dan objek penelitia n secara apa adanya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah santri kelas enam di Pondok Pesantren Dārul - falah, dari hasil penelitian tersebut terdapat 6 santri yang mengalami kecemasan saat menghadapi ujian pondok. Adapaun gejala kecemasan yang dialami santri saat menghadapi ujian pondok di antaranya pusing kepala, tubuh menjadi lemas, pola makan semakin berkurang, detak jantung berubah semakin kencang dan sulit untuk tidur. Sedangkan gejala psikis yang dialami santri yaitu perasaan cemas, sulit untuk konsentrasi, mudah, meragukan kemampuan diri sendiri, sulit untuk membuat keputusan, kesulitan menghadapi situasi ujian, membaca dan memahami ujian, serta sulit men gikat jawaban dalam ujian tersebut. Penanganan yang peneliti berikan yaitu menggunakan terapi penerapan Client Center Counseling ini bertujuan untuk memberikan dorongan kepada santri agar santri dapat berpikir positif, dan dapat menemukan cara - cara untuk m enyelesaikan masalahnya sendiri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Jun 2018 02:42
Perubahan Terakhir: 03 Apr 2024 03:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.