RAHMADIANI, AMBAR (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia(Kuasi Eksperimen di Kelas V MI MA Pusat Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (320kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (230kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (151kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (391kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (472kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (215kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif tidak terlepas dari peran guru yang selalu membimbing siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan bermakna. Oleh karena itu, guru memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai pembelajaran yang bermakna. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran sinektik berbantuan m edia audio visual berpengaruh terhadap pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia? 2) Bagaimana hasil belajar siswa materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan menggunakan model sinektik berbantuan media audio visual? Penelitian ini bertujuan Un tuk mengetahui pengaruh model sinektik berbantuan media audio visual terhadap pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan menggunakan mod el sinektik berbatuan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non equevalent group design . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran sinektik berbantuan media audio visual pada materi IPS kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V MI M athlaul Anwar Pusat kategori sangat baik (82%) , dengan nilai rata - rata pretest sebesar 45.5 sedangkan hasil belajar post test sebesar 72.5 . Hasil uji statistik dengan menggunakan uji t p ada pre test dan post test diperoleh t hitung sebesar 24.441 dan diketahui bahwa pengaruh penerapan model sinektik berbantuan media audio visual tersebut adalah signifi kan dengan taraf 5% adalah 2.086 atau t hitung > t tabel (24.441 > 2.0 8 6) yang artinya H o ditolak dan H a diterima . Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model sinektik berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V materi kegiatan ekonomi di Indonesia.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model Pembelajaran Sinektik, Hasil Belajar, IPS |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 25 Mei 2018 07:15 |
Perubahan Terakhir: | 25 Mei 2018 07:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2143 |
Actions (login required)
Lihat Item |