Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia(Kuasi Eksperimen di Kelas V MI MA Pusat Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang)

RAHMADIANI, AMBAR (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia(Kuasi Eksperimen di Kelas V MI MA Pusat Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (320kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (230kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (151kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (391kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (472kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (215kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif tidak terlepas dari peran guru yang selalu membimbing siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan bermakna. Oleh karena itu, guru memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai pembelajaran yang bermakna. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran sinektik berbantuan m edia audio visual berpengaruh terhadap pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia? 2) Bagaimana hasil belajar siswa materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan menggunakan model sinektik berbantuan media audio visual? Penelitian ini bertujuan Un tuk mengetahui pengaruh model sinektik berbantuan media audio visual terhadap pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan menggunakan mod el sinektik berbatuan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non equevalent group design . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran sinektik berbantuan media audio visual pada materi IPS kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V MI M athlaul Anwar Pusat kategori sangat baik (82%) , dengan nilai rata - rata pretest sebesar 45.5 sedangkan hasil belajar post test sebesar 72.5 . Hasil uji statistik dengan menggunakan uji t p ada pre test dan post test diperoleh t hitung sebesar 24.441 dan diketahui bahwa pengaruh penerapan model sinektik berbantuan media audio visual tersebut adalah signifi kan dengan taraf 5% adalah 2.086 atau t hitung > t tabel (24.441 > 2.0 8 6) yang artinya H o ditolak dan H a diterima . Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model sinektik berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V materi kegiatan ekonomi di Indonesia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Sinektik, Hasil Belajar, IPS
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 25 Mei 2018 07:15
Perubahan Terakhir: 25 Mei 2018 07:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.