UBAIDILLAH, UBAIDILLAH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN (BTAQ)(Studi Eksperimen di SMP Negeri 3 Ciruas). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
Teks (COVER)
COVER.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (39kB) |
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAKSI.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (33kB) |
|
Teks (BAB I)
BAB I.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (103kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (244kB) |
|
Teks (BAB III)
BAB III.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (219kB) |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (300kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB V.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (40kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (38kB) |
Abstrak
Pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan, sebab dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas. Sebuah hal yang positif jika sorotan yang ditunjukan kepada guru dianggap sebagai faktor utama yang memberi efek terhadap menurunnya kualitas pendidikan. Permasalahan proses pembelajaran yang sering dialami oleh guru Pendidkan Agama Islam dan perlu untuk diklarifikasi Pertama Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Stad terhadap hasil belajar BTAQ siswa, kedua Bagaimana motivasi siswa pada penggunaan model pembelajaran Stad pada BTAQ ketiga Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Stad dan motivasi belajar siswa dalam membaca dan menulis al-qur’an (BTAQ). Adapun tujuan penelitian ini adalah: Pertama untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Stad terhadap hasil belajar BTAQ siswa, kedua untuk mengetahui motivasi siswa pada penggunaan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar BTAQ siswa ketiga untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD dan motivasi belajar siswa dalam membaca dan menulis al-qur’an (BTAQ), keempat untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperative tipe STAD dan siswa yang diajar menggunakan model konvensional, kelima Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan yang memiliki motivasi belajar rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan model quasi eksperimen, dengan menggunakan Avanva Dua Jalan. Sampel penelitian 60 orang, dan intrumennya menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan model cooperative STAD terhadap hasil belajar BTAQ berdasarkan hasil perhitungan ANAVA diperoleh Fhitung= 35,06 lebih besar dibandingkan Ftabel= 2,77 (35,06 > 2,77). Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar BTAQ berdasarkan hasil perhitungan ANAVA diperoleh Fhitung= 14,21 lebih besar dibandingkan Ftabel= 2,77 (14,21 > 2,77). Terdapat interaksi yang signifikan antara model cooperative STAD dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajar BTAQ berdasarkan perhitungan ANAVA diperoleh Fhitung= 8,94 lebih besar dibandingkan Ftabel= 2,77 (8,94 > 2,77). Terdapat perbedaan hasil belajar BTAQ antara siswa yang belajar dengan model cooperative STAD dengan siswa yang belajar dengan model konvensional berdasarkan hasil perhitungan ANAVA diperoleh skor rerata siswa yang belajar menggunakan model cooperative scrip = 81,13 lebih besar dari siswa yang belajar menggunakan model konvensional = 75,33 (81,13 > 75,33). Terdapat perbedaan hasil belajar BTAQ antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah berdasarkan perhitungan ANAVA diperoleh skor rerata siswa yang memiliki motivasi tinggi = 83,13 lebih besar dari siswa yang memiliki motivasi rendah =73,33 (83,13 > 73,33).
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | STAD, motivasi, dan Hasil Belajar BTAQ Siswa. |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 22 Mar 2018 08:49 |
Perubahan Terakhir: | 22 Mar 2018 08:49 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1893 |
Actions (login required)
Lihat Item |