SUKRONI, MUHAMMAD (2017) MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA REMAJA. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
COVER URUT.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (429kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I Roni.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (150kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II roni revisi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (362kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
Bab lll roni.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V roni.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (132kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
ABSTRAK Nama: Muhamad Sukroni, NIM: 12211322, Judul Skripsi: Model Pengembangan Pendidikan Karakter pada Remaja (Studi di MTs Negeri 2 Kabupaten Tangerang). Krisis multi dimensi yang dialami bangsa Indonesia saat ini, telah memberikan dampak yang besar dalam berbagai tatanan kehidupan bangsa, masalah terbesar yang dihadapi bangsa Indonesia adalah terletak pada moral, terbukti dengan banyaknya berita tentang tawuran antar pelajar, kasus-kasus narkotika dan sebagainya. Pendidikan karakter seharusnya ditanamkan semenjak dini agar mereka mempunyai pondasi yang kuat, dengan penanaman nilai-nilai karakter yang fositif tentunya akan membawa dampak baik terhadap perkembangan moral siswa, oleh karena itu pendidikan karakter sangat berperan penting terhadap pengembangan moral siswa. Teori yang digunakan ialah teori Mahmud yang mengatakan bahwa tumbuh dan berkembangnya karakter yang baik akan mendorong peserta didik tumbuh dengan kapasitas dan komitmenya untuk melakukan berbagai hal yang terbaik dan melakukan segalanya dengan benar dan memiliki tujuan hidup, masyarakat juga berperan penting membentuk karakter anak melalui orang tua dan lingkungannya. Penulis merumuskan masalah menjadi lebih spesifik agar tidak terjadi pembiasan dalam penafsiran, adapun masalah yang diteliti adalah bagaimana model pengembangan pendidikan karakter siswa di MTs Negeri 2 Kabupaten Tangerang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pengembangan pendidikan karakter siswa di MTs Negeri 2 Kabupaten Tangerang. Manfaat dari penelitian ini adalah adanya perubahan dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan karakter peserta didik. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena dalam penelitian ini menyelidiki secara intern. Penelitian deskiptif ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai kondisi seperti dilakukan waktu interaksi berlangsung di tempat kejadian. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang penulis laksanakan yaitu pendidikan karakter untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah kepada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu,dan seimbang, sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa model pengembangan pendidikan karakter di MTs Negeri 2 Kabupaten Tangerang antara lain melalui pembiasaan Tilawah dan Tahfidzul Qur’an, shalat dhuha, mentoring, sirah, mabit, bimbingan shalat, ushbu ruhy, dan kuliah tujuh menit. Terbukti dengan adanya model pengembangan pendidikan karakter tersebut mampu menjadikan pribadi siswa yang berakhlakul karimah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Psikologi remaja; Pendidikan Karakter |
Subjek: | 2x5 Akhlak dan Tasawuf |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 14 Mar 2017 10:12 |
Perubahan Terakhir: | 14 Mar 2017 10:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/179 |
Actions (login required)
Lihat Item |