Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi tentang Pergaulan Bebas terhadap Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti (Studi Eksperimen di Kelas X TJKT SMKN 1 Kragilan Kabupaten Serang)

Sulyanah, Sulyanah (2025) Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi tentang Pergaulan Bebas terhadap Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti (Studi Eksperimen di Kelas X TJKT SMKN 1 Kragilan Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PAI_211210032_Cover.pdf

Download (213kB)
[img] Teks
S_PAI_211210032_Lampiran Depan.pdf

Download (789kB)
[img] Teks
S_PAI_211210032_Bab I.pdf

Download (239kB)
[img] Teks
S_PAI_211210032_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (344kB)
[img] Teks
S_PAI_211210032_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (616kB)
[img] Teks
S_PAI_211210032_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (455kB)
[img] Teks
S_PAI_211210032_Bab V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_PAI_211210032_Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti sebelum diterapkannya media video animasi dan mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media video animasi tentang pergaulan bebas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X TJKT di SMKN 1 Kragilan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dengan melakukan pretest untuk mengukur kemampuan awal siswa dan posttest untuk mengukur apakah terdapat pengaruh dalam hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media video animasi tentang pergaulan bebas. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Kragilan Kab. Serang. Pada penelitian ini menggunakan kelas eksperimen yaitu pembelajaran yang menggunakan media video animasi tentang pergaulan bebas dan kelas kontrol yang diajar tidak menggunakan media video animasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sampel t-test. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil dari perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sampel t-test pada data posttest tersebut, diperoleh nilai t hitung = 3.987 dan nilai signifikan 0,001, kemudian diperoleh pada t tabel = 1.997. Karena t hitung = 3.987 > dari t tabel = 1.997 maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media video animasi tentang pergaulan bebas terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X TJKT di SMKN 1 Kragilan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Video animasi, hasil belajar, pendidikan agama Islam dan budi pekerti
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 03 Sep 2025 02:58
Perubahan Terakhir: 03 Sep 2025 02:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.