Aziz, Fahri Bayhaqi (2025) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Memilih Produk Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kelurahan Tanjung Priok). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBS_201420014_Cover.pdf Download (117kB) |
|
|
Teks
S_PBS_201420014_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PBS_201420014_Bab I.pdf Download (380kB) |
|
|
Teks
S_PBS_201420014_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (996kB) |
|
|
Teks
S_PBS_201420014_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (606kB) |
|
|
Teks
S_PBS_201420014_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (569kB) |
|
|
Teks
S_PBS_201420014_Bab V.pdf Download (120kB) |
|
|
Teks
S_PBS_201420014_Daftar Pustaka.pdf Download (329kB) |
Abstrak
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia, terutama dengan 13 unit Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar hingga November 2022, menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Meskipun Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk Muslim (87%), banyak masyarakat, terutama di Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta Utara, masih belum memahami konsep perbankan syariah. Dengan jumlah penduduk di Kelurahan Tanjung Priok sekitar 43.231 jiwa dan mayoritas beragama Islam (38.968 jiwa). Jumlah mayoritas masyarakat terhadap lembaga keuangan syariah sudah seharusnya dapat mewakili persepsi masyarakat terhadap perbankan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan data primer. Populasi pada penelitian ini yaitu Masyarakat Kelurahan Tanjung Priok yang sudah ditentukan kriterianya, dengan sampel sebanyak 100 orang. Data diperoleh menggunakan kuesioner secara langsung, kemudian diolah dengan bantuan software statistic yaitu SPSS versi 25. Analisis yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari uji instrument, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analasis regresi linear berganda, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini secara parsial menyatakan bahwa pengaruh pengetahuan tidak berpenaruh terhadap minat memilih produk bank syariah dengan nilai signifikansi sebesar 0,491. Sedangkan variabel kepercayaan dan variabel produk terdapat pengaruh terhadap minat memilkih produk bank syariah. Secara simultan menunjukan bahwa variabel pengetahuan, kepecayaan, dan produk berpengaruh terhadap minat memilih produk bank syariah pada Masyarakat Kelurahan Tanjung Priok.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Persepsi, minat, produk bank syariah |
| Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank |
| Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 16 Jun 2025 06:21 |
| Perubahan Terakhir: | 16 Jun 2025 06:21 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16979 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
