Masruroh, Mamas (2024) Metode Komunikasi Simbolik Untuk Mengurangi Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 5 Tahun Di Ra Baitul Muttaqien Kramat Watu Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_191260033_COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260033_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (421kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260033_BAB I.pdf Download (283kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260033_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (329kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260033_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (320kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260033_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (310kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260033_BAB V.pdf Download (161kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260033_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui cara guru mengenali keterlamabtan bicara pada anak usia 5 tahun di RA Baitul Muttaqien Kramat Watu Serang. 2) Untuk mengetahui penerapan metode komunikasi simbolik untuk mengurangi keterlambatan bicara pada anak usia 5 tahun di RA Baitul Muttaqien Kramat Watu Serang. 3). Mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode komunikasi simbolik unyuk mengatasi keterlambatan bicara. Penelitian ini mengguanakan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data kualitatif deskriptif pendekatan induktif. Terdapat lima responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 23 september 2023. Untuk mengenali keterlambatan bicara pada anak di RA Baitul Muttaqien dengan menggunakan tiga cara yaitu. Pengecekan data melalui formulir pendaftaran, observasi, wawancara. jenis keterlambatan bicara yang terjadi pada anak rata-rata dengan jenis keterlambatan bicara ringan. Adapun anak dengan kasus keterlambata bicara berat hanya terdapat satu anak dari lima responden yang peneliti ambil. Adapun faktor pendukung dari metode komuniksi ini adalah media atau alat peraga untuk membantu keberlangsungan metode bercerita ataupun mendongeng. Fakor penghambatnya adalah pemilihan metode komunikasi yang digunakan. Adapun metode yang digunakan guru untuk mengatasi keterlambatan bicara adalah dengan menggunakan beberapa simbol yaitu. Warna, merangkai kata (bercakap-cakap), gestur tubuh, kontak mata dan ekspresi wajah.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Anak, Metode Komunikasi Simbolik, Keterlambatan Bicara |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 03 Jun 2025 07:31 |
| Perubahan Terakhir: | 03 Jun 2025 07:31 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16933 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
