أثر نموذج التعلم SAVI (الجسدي، السمعي، البصري، العقلي) في مهارة الكلام (بحث تجريبي في الصف العشر بمدرسة جحيا مدني الثانوية الحكومية بنتن بوردنج سكول فاندغلانج)

Aulia, Annisa (2024) أثر نموذج التعلم SAVI (الجسدي، السمعي، البصري، العقلي) في مهارة الكلام (بحث تجريبي في الصف العشر بمدرسة جحيا مدني الثانوية الحكومية بنتن بوردنج سكول فاندغلانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBA_201220027_Cover.pdf

Download (126kB)
[img] Teks
S_PBA_201220027_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PBA_201220027_BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Teks
S_PBA_201220027_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (510kB)
[img] Teks
S_PBA_201220027_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (393kB)
[img] Teks
S_PBA_201220027_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (689kB)
[img] Teks
S_PBA_201220027_BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Teks
S_PBA_201220027_Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model pembelajran SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap keterampilan berbicara Bahasa arab kelas 10 di SMA N Cahaya Madani Banten Boarding School Pandeglang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain non-equivalent control group desain. Objek dalam penelitian ini adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dengan 32 siswa dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol dengan 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test keterampilan berbicara (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan berbicara Bahasa arab dengan kategori sedang berdasarkan hasil perhitungan uji-t dan Cohen’s d pada nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas control. Dengan taraf signifikasi yang dihasilkan 0.004 < 0.05 pada uji independent sample-t test menunjukkan adanya pengaruh. Adapun hasil dari perhitungan t-hitung dan t-tabel menunjukkan T Hitung > T Tabel 3.014>1.669 artinya ada pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan berbicara bahasa arab. Dan hasil uji cohen’s d adalah 0,80>0,753>0,020 menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI Berpengaruh sedang terhadap keterampilan berbicara bahasa arab.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran SAVI, Keterampilan berbicara bahasa arab
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 28 Apr 2025 03:52
Perubahan Terakhir: 28 Apr 2025 03:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16713

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.