Penggunaan Akun Instagram @Jajanserang sebagai Media Informasi Wisata Kuliner (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @Jajanserang)

Tamami, Rizky (2024) Penggunaan Akun Instagram @Jajanserang sebagai Media Informasi Wisata Kuliner (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @Jajanserang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510005_Cover.pdf

Download (293kB)
[img] Teks
S_KPI_201510005_Lampiran Depan.pdf

Download (568kB)
[img] Teks
S_KPI_201510005_Bab I.pdf

Download (539kB)
[img] Teks
S_KPI_201510005_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (760kB)
[img] Teks
S_KPI_201510005_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (524kB)
[img] Teks
S_KPI_201510005_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_201510005_Bab V.pdf

Download (333kB)
[img] Teks
S_KPI_201510005_Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstrak

Saat ini, masyarakat menggunakan media sosial sebagai sarana utama dalam berkomunikasi. salah satunya yaitu Instagram. Instagram adalah aplikasi media sosial untuk membagikan informasi, pesan, dan gambar berupa audio visual. Instagram saat ini sering digunakan untuk mencari informasi dan media promosi oleh masyarakat, seperti wisata kuliner. Salah satunya adalah akun @Jajanserang yang menggunakan Instagram sebagai media informasi dan promosi wisata kuliner di Kota Serang dan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui promosi wisata kuliner yang dilakukan oleh akun Instagram @Jajanserang, 2) Mengetahui karakteristik akun Instagram @Jajanserang, 3) Mengetahui tantangan akun Instagram @Jajanserang dalam pengelolaan media sosial Instagram untuk mempromosikan wisata kuliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Akun Instagram @Jajanserang menggunakan Instagram sebagai media informasi dan promosi wisata kuliner di Kota Serang dan sekitarnya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram, yaitu Feed Post (unggahan feed), Reels (video reel), Instagram Stories (cerita Instagram), dan Instagram Videos (video Instagram). Akun Instagram @Jajanserang memiliki karakteristik akun, hal tersebut menjadi pembeda dan ciri khas dari akun Instagram lain. Tantangan yang dihadapi oleh akun Instagram @Jajanserang yaitu tantangan utama saat merintis, penampilan talent, informasi yang dibagikan harus lengkap dan akurat, mengikuti permintaan followers, berurusan dengan komentar negatif followers, menjaga objektivitas dan kejujuran dalam memberikan ulasan, device harus memadai, talent yang tiba-tiba berhenti, dan talent keracunan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media sosial, instagram, informasi wisata kuliner, provinsi
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 06 Mar 2025 04:22
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2025 04:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16518

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.