Hayah, Lulu El (2025) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas dalam Menulis Teks Puisi Siswa Kelas V di SDN Bayak (Studi di Kelas V SDN Bayak Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PGMI_201240086_Cover.pdf Download (87kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240086_Lampiran Depan.pdf Download (694kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240086_BAB I.pdf Download (131kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240086_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (295kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240086_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (398kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240086_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (270kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240086_BAB V.pdf Download (36kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240086_Daftar Pustaka.pdf Download (155kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dalam menulis teks puisi di Sekolah Dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dalam menulis teks puisi siswa kelas V di SDN Bayak. Hipotesis penelitian ini adalah H0 yaitu tidak terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dalam menulis teks puisi siswa kelas V dan Ha yaitu terdapat terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dalam menulis teks puisi siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 37, adapun sampel penelitian ini sebanyak 15 siswa dan instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pengujian hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon Matched Pairs (Uji t) dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig.(2-tailed) memiliki nilai sebesar 0,001, yaitu nilai 0,001 < 0,05. Hal ini dapat dikatakan bahwa H0 ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh positif model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dalam menulis teks puisi siswa kelas V di SDN Bayak. Peneliti merekomendasi agar materi bahasa indonesia terutama dalam menulis teks puisi di kelas V dapat diterapkan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, dan puisi |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 20 Feb 2025 02:56 |
Perubahan Terakhir: | 20 Feb 2025 03:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16423 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |