Yudin, Fithri (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Moderasi Beragama di SMA Negeri 1 Ciruas. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
T_PAI_212621005_Cover.pdf Download (262kB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621005_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621005_BAB I.pdf Download (668kB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621005_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621005_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (821kB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621005_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621005_BAB V.pdf Download (388kB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621005_Daftar Pustaka.pdf Download (429kB) |
Abstrak
Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membangun moderasi beragama di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) menjadi semakin relevan di tengah meningkatnya keragaman dan tantangan sosial yang dihadapi masyarakat saat ini. Moderasi beragama, yang menekankan sikap tengah, toleran, dan inklusif, merupakan kunci dalam menjaga keharmonisan dan kedamaian di lingkungan yang pluralistik. Namun, masih terdapat kekurangan dalam pemahaman dan penerapan moderasi beragama di kalangan siswa. Guru PAI, sebagai pendidik dan panutan, memiliki tanggung jawab besar dalam menanamkan nilai-nilai moderasi ini. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membangun moderasi beragama siswa di lingkungan SMA Negeri 1 Ciruas dan kondisi moderasi beragama di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam membangun moderasi beragama siswa di lingkungan SMA Negeri 1 Ciruas, 2) Untuk mengetahui kondisi pelaksanaan moderasi beragama siswa di lingkungan SMA Negeri 1 Ciruas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang mengidentifikasi peran guru PAI dalam membangun moderasi beragama di lingkungan SMA Negeri 1 Ciruas dan pelaksanaan moderasi beragama di sekolah. Data diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) Peran Guru PAI dalam membangun moderasi beragama siswa di SMA Negeri 1 Ciruas memiliki peran yang tinggi, guru menjalankan perannya dengan baik dalam mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama, yakni: (a) tawassuth (Tengah-tengah), (b) i,tidal (Tegak Lurus dan Bersikap Proporsional), (c) tasamuh (Toleran), (d) Asy Syura (musyawarah), (e) Al-ishlah (Perbaikan), (f) qudwah (Kepeloporan) (g) muwathanah (Cinta tanah air), (h) al-la 'unf (Anti kekerasan), dan (1) i'tiraf bil urf (Ramah Budaya) yang diintegrasi ke dalam materi pelajaran PAI di kelas, serta membimbing dan menjadi teladan bagi siswa di dalam dan luar kelas. 2) Moderasi beragama di SMA Negeri 1 Ciruas telah terbangun dengan baik, nilai-nilai moderasi beragama telah tertanam dalam diri siswa melalui kegiatan kesiswaan, pembinaan dan keteladanan dari para guru di sekolah sehingga terwujudnya suasana sekolah yang damai dan harmonis.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam, Peran Guru PAI |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 18 Feb 2025 08:39 |
Perubahan Terakhir: | 18 Feb 2025 08:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16411 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |