Nuryanah, Iin Rinah (2025) Pengaruh Sertifikasi Halal dan Bahan Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal (Studi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN SMH Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_ES_201410160_COVER.pdf Download (19kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410160_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410160_BAB I.pdf Download (556kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410160_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (754kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410160_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (607kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410160_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (572kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410160_BAB V.pdf Download (114kB) |
![]() |
Teks
S_ES_201410160_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
Abstrak
Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk beragama Islam terbesar di seluruh dunia. Meskipun, Indonesia dengan penduduk beragama Islam terbesar dan memiliki tingkat konsumsi yang tinggi, namun perkembangan industri makanan halal di Indonesia masih jauh dari yang diharapkan. Tingginya jumlah produk makanan dan minuman tanpa label halal yang tersedia di pasar barang dan jasa mengakibatkan ketidakpastian bagi konsumen muslim. Sebagian masyarakat terutama kalangan anak muda lebih sering membeli atas dasar kemauan dalam mencoba makanan baru dibandingkan mencermati kehalalan produk. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pengaruh sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian produk makanan halal pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten?, 2) Bagaimana pengaruh bahan makanan terhadap keputusan pembelian produk makanan halal pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten?, 3) Bagaimana pengaruh sertifikat halal dan bahan makanan terhadap keputusan pembelian produk makanan halal pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten?. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk menganalisis pengaruh sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian produk makanan. 2). Untuk menganalisis pengaruh bahan makanan terhadap keputusan pembelian produk makanan halal. 3). Untuk menganalisis pengaruh sertifikasi halal dan bahan makanan terhadap keputusan pembelian produk makanan halal pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer. Data yang diperoleh langsung dari objek penelitian yaitu mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2020-2021 dan terdiri dari 184 sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian produk makanan halal. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara bahan makanan terhadap keputusan pembelian produk makanan halal. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara sertifikasi halal dan bahan makanan terhadap keputusan pembelian produk makanan halal. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Sertifikasi Halal, Bahan Makanan dan Keputusan Pembelian |
Subjek: | 600 Teknologi > 650 Bisnis > 658 Umum manajemen > 658.8 Marketing > 658.81 Manajemen Pemasaran |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 17 Feb 2025 04:21 |
Perubahan Terakhir: | 17 Feb 2025 04:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16408 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |