Dirjo, Dirjo (2025) Model Pembelajaran Organisasi Penggerak LPPSDM Bina Putera Utama dalam Pendidikan Karakter Islami Sekolah Dasar di Kecamatan KOPO. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
T_PAI_212621023_Cover.pdf Download (10kB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621023_Lampiran Depan.pdf Download (775kB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621023_BAB I.pdf Download (146kB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621023_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (399kB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621023_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (166kB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621023_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (251kB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621023_BAB V.pdf Download (15kB) |
![]() |
Teks
T_PAI_212621023_Daftar Pustaka.pdf Download (436kB) |
Abstrak
Meredupnya nilai-nilai karakter Islami dalam anak bangsa menjadi fokus, dengan perhatian terhadap prinsip-prinsip seperti jujur, peduli, dan disiplin. Meskipun lembaga pendidikan diharapkan memainkan peran penting, penekanan pada penguasaan pengetahuan semata terkadang mengabaikan pembiasaan perilaku baik. Pendidikan karakter diidentifikasi sebagai investasi jangka panjang, dengan pandangan Islam menekankan karakter sebagai bagian fundamental dari kehidupan seorang Muslim. LPPSDM Bina Putera Utama sebagai organisasi penggerak, berperan dalam menguatkan kompetensi pendidik dan membangun kesadaran akan pentingnya karakter Islami sekolah dasar di Kecamatan Kopo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pengembangan Organisasi Penggerak LPPSDM Bina Putera Utama dalam penguatan pendidikan karakter Islami sekolah dasar di Kecamatan Kopo beserta dampaknya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. memungkinkan peneliti untuk menggali data deskriptif yang mendalam mengenai implementasi model tersebut serta dampaknya terhadap penguatan pendidikan karakter Islami sekolah dasar di Kecamatan Kopo. Hasil penelitian menunjukkan implementasi model tersebut berhasil meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa akan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tercermin dari perubahan sikap dan perilaku siswa, seperti bertanggung jawab, toleran, dan peduli terhadap lingkungan, sesuai dengan ajaran Islam. Dengan fokus pada kesadaran, pemahaman, dan penerapan nilai-nilai Islam, model ini telah membawa perubahan yang signifikan dalam budaya sekolah, perilaku siswa, dan kualitas pembelajaran, yang semuanya merupakan aspek krusial dalam pembentukan karakter Islami yang kokoh pada siswa. Selain itu, dampak yang diraskan perubahan yang terlihat dalam perilaku siswa, kualitas pembelajaran, serta keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | model pengembangan organisasi, organisasi penggerak, karakter islami |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 14 Feb 2025 08:15 |
Perubahan Terakhir: | 14 Feb 2025 08:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16395 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |