Pendampingan Remaja Melalui Pelatihan Seni Kaligrafi (Participatory learning and Action di Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang) Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah, 2023M/1445H.

Kholilah, Siti (2024) Pendampingan Remaja Melalui Pelatihan Seni Kaligrafi (Participatory learning and Action di Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang) Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah, 2023M/1445H. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_181530104_COVER -.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_KPI_181530104_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (424kB)
[img] Teks
S_KPI_181530104_BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Teks
S_KPI_181530104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (199kB)
[img] Teks
S_KPI_181530104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (421kB)
[img] Teks
S_KPI_181530104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (254kB)
[img] Teks
S_KPI_181530104_BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Teks
S_KPI_181530104_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)

Abstrak

Kaligrafi merupakan salah satu seni rupa yang tidak kalah penting dengan jenis seni rupa lainya. Kaligrafi disebut sebagai bentuk seni sekaligus aset budaya islam yang mesti dijaga dengan terus mempelajarinya. Di berbagai lembaga pendidikan formal atau non formal banyak yang mempelajari seni kaligrafi. Namun masih banyak yang menganggap bahwa pembelajaran seni kaligrafi tidak begitu penting, masih rendah keterampilan menulis kaligrafi dan pembelajaran yang sedikit monoton. Karena berbagai upaya telah dilakukan tidak begitu tersalurlan, maka perlu hal-hal baru seperti pembelajaran seni kaligrafi yang belum pernah dipraktikan atau pembuatan seni kaligrafi menggunakan media lain selain pena dan kertas. Berdasarkan uraian diatas, tujuan dari program pelatihan seni kaligrafi ini yaitu: (1) Memberikan edukasi terhadap temaja dalam pembuatan seni kaligrafi lukis menggunakan media limbah kaca, (2) Meningkatkan minat remaja dalam pembelajaran seni kaligrafi, dan (3) Meningkatkan keterampilan menulis kaligrafi. Metode yang digunakan yaitu metode Participatory Learning and Action (PLA) adalah metode pemberdayaan yang mengedepankan pada praktik secara langsung seperti melakukan pelatihan yang didampingi pleh fasilitator. Hasil dari pendampingan ini yaitu: (1) Mampu membuat seni kaligrafi lukis dengan memanfaatkan media limbah kaca, (2) Tumbuhnya ketertarikan remaja terhadap pembelajaran seni kaligrafi, (3) Mampu menulis khat kaligrafi sesuai kaidah. Dapat disimpulkan program pelatihan seni kaligrafi ini sebagai bentuk upaya yang dilakukan untuk mendorong para remaja Desa Sindanghayu agar dapat meningkatkan kesadaran, minat serta meningkatkan keterampilan seni kaligrafi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : H. Helmy Faizi Bahrul Ulumi Pembimbing II: Gian Nova Sudrajat Nur
Kata Kunci (keywords): Pendampingan Remaja, Seni Kaligrafi.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.23 Materi Da’wah
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 17 Feb 2025 03:40
Perubahan Terakhir: 17 Feb 2025 03:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16391

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.