Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru terhadap Metode Mengajajar Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Banten

Shahar, Siti (2025) Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru terhadap Metode Mengajajar Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_201260029_Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260029_Lampiran Depan.pdf

Download (814kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260029_BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260029_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (479kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260029_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (359kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260029_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (338kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260029_BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260029_Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)

Abstrak

Untuk memberikan pelayanan yang cukup dan memadai serta terselenggaranya pendidikan anak yang baik, tentu diperlukan fasilitas pendukung, guru atau pengawas yang kompeten dan profesional. Maka peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh antara Kualifikasi Akademik Guru terhadap Metode Mengajar Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Banten. Adapun pendekatan yang peneliti gunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan angket sebagai instrument untuk memperoleh data X dan Y dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase, analisis regresi sederhana, korelasi product moment, dan diuji dengan uji t untuk mengetahui taraf nyata. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 26 guru RA dari 5 lembaga pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian dari pengisian angket menunjukkan kualifikasi akademik guru di RA Kecamatan Kragilan Serang Banten dengan ijazah SMA terdapat 9 guru dengan persentase sebesar 34,6%. 1 guru memiliki Ijazah Diplomat II Non Pendidikan dengan persentase sebesar 3,8%. Guru yang memiliki Ijazah S1 Non PGPAUD terdapat 8 orang dengan persentase sebesar 30,8%. Guru yang memiliki Ijazah S1 PGPAUD 7 orang dengan persentase sebesar 26,9% dan guru yang memiliki Ijazah S1 Psikologi 1 orang dengan persentase 3,8%. Terdapat pengaruh antara kualifikasi akademik guru terhadap metode mengajar guru, hal ini dapat dilihat dari analisis regreasi sederhana yang menunjukkan nilai F hitung sebesar 20,390 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, dengan kata lain ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Dan Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Metode Mengajar Anak Usia Dini di Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Banten dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai (

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): kualifikasi akademik guru, metode mengajar, anak
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.7 Metode Riset Penelitian Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Feb 2025 04:29
Perubahan Terakhir: 11 Feb 2025 04:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16331

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.