Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Fase D Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 2 Kota Serang

Rodiah, Rodiah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Fase D Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 2 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210108_Cover.pdf

Download (43kB)
[img] Teks
S_PAI_201210108_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_201210108_BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Teks
S_PAI_201210108_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (535kB)
[img] Teks
S_PAI_201210108_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (428kB)
[img] Teks
S_PAI_201210108_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (521kB)
[img] Teks
S_PAI_201210108_BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Teks
S_PAI_201210108_Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)

Abstrak

Penelitian ini berawal dari latar belakang masalah terkait model pembelajaran yang kurang optimal, kurangnya pemahaman siswa terkait mata pelajaran, sehingga siswa sebagian besar pasif dan kurangnya dalam kemampuan berpikir kritis. Rumusan masalah 1). Bagaimana hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran fiqih fase D di MTsN 2 Kota Serang. 2). Bagaimana hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran fiqih fase D di MTsN 2 Kota Serang. 3). Adakah pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqih fase D di MTsN 2 Kota Serang. Tujuan penelitian untuk mengetahui 1). Untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran fiqih fase D di MTsN 2 Kota Serang. 2). Untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran fiqih fase D di MTsN 2 Kota Serang. 3). Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqih fase D di MTsN 2 Kota Serang. Metode ini menggunakan quasi eksperimen atau dengan pendekatan kuantitatif. Pada pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan desain pretest-posttest control group design, peneliti ini difokuskan pada siswa kela VIII yang melibatkan dua kelompok subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ditunjukan dari nilai rata-rata posttest hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 81,5 jauh lebih besar dengan nilai rata-rata posttest hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol sebesar 73,3. Hasil penelitian dapat dikatakan bahwa nilai pencapaian kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): model pembelajaran, discovery learning, hasil belajar kognitif
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2025 07:25
Perubahan Terakhir: 10 Feb 2025 07:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16323

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.