فعالية استخدام وسيلة Plotagon story التعليمية في مهارة الاستماع (بحث تجريبي في الصف الثامن بمدرسة رياض الجنّة المتوسطة الإسلامية تنجيرانج)

Fuadah, Syifa Samrotul (2025) فعالية استخدام وسيلة Plotagon story التعليمية في مهارة الاستماع (بحث تجريبي في الصف الثامن بمدرسة رياض الجنّة المتوسطة الإسلامية تنجيرانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBA_201220033_Cover.pdf

Download (133kB)
[img] Teks
S_PBA_201220033_Lampiran Depan.pdf

Download (855kB)
[img] Teks
S_PBA_201220033_BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Teks
S_PBA_201220033_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (527kB)
[img] Teks
S_PBA_201220033_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (619kB)
[img] Teks
S_PBA_201220033_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (519kB)
[img] Teks
S_PBA_201220033_BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Teks
S_PBA_201220033_Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)

Abstrak

Penelitian ini mengangkat masalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai oleh guru, yang berdampak pada motivasi dan kemampuan siswa dalam menyimak bahasa Arab, serta menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang tertarik dalam belajar bahasa. Oleh karena itu, peneliti mengusulkan penggunaan media pembelajaran baru, yaitu Plotagon Story, untuk meningkatkan keterampilan menyimak. Pertanyaan penelitian yang disampaikan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan metode cerita Plotagon dalam keterampilan mendengarkan pendidikan di kelas delapan di Sekolah Menengah Pertama Islam Riyadul Jannah Tangerang?(2) Bagaimana kemampuan menggunakan metode cerita Plotagon dalam mengajarkan keterampilan mendengarkan di kelas delapan di Sekolah Menengah Pertama Islam Riyadul Jannah Tangerang? (3) Seberapa efektif penggunaan metode cerita Plotagon dalam mengajarkan keterampilan mendengarkan pada keterampilan mendengarkan siswa kelas delapan di Sekolah Menengah Pertama Islam Riyadul Jannah Tangerang? Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengidentifikasi penggunaan cerita Plotagon di kelas delapan di Sekolah Menengah Pertama Islam Riyadul Jannah Tangerang. (2) Untuk mengidentifikasi kemampuan menggunakan metode pendidikan cerita Plotagon pada kelas delapan di Sekolah Menengah Pertama Islam Riyadul Jannah Tangerang. (3) Untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan metode pendidikan cerita Plotagon pada keterampilan mendengarkan siswa kelas delapan di Sekolah Menengah Pertama Islam Riyadul Jannah Tangerang. Peneliti menggunakan metode eksperimental, yaitu metode penelitian kuantitatif yang mencari sebab dan akibat dari variabel-x dan variabel y. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan pengujian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan metode cerita Plotagon dan dampaknya terhadap keterampilan mendengarkan pada kelas delapan di Sekolah Menengah Islam Riyadu Jannah Tangerang, dan untuk kelas sebelum menunjukkan skor 41,16, dan dari kelas setelah menunjukkan skor 88,66, hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa belajar bahasa Arab dalam mengajarkan keterampilan mendengarkan semester delapan di Sekolah Menengah Pertama Islam Riyadul Jannah Tangerang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Feb 2025 08:35
Perubahan Terakhir: 07 Feb 2025 08:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16312

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.