أثر استخدام وسائل الخريطة الذهنية (Mind Map) على قدرة الطلاب في تعلم قواعد النحو (بحث تجريبي للصف العاشر بمدرسة مفتاح النجاح الثانوية الإسلامية لامونجان سيرانج)

Uyun, Kurotul (2025) أثر استخدام وسائل الخريطة الذهنية (Mind Map) على قدرة الطلاب في تعلم قواعد النحو (بحث تجريبي للصف العاشر بمدرسة مفتاح النجاح الثانوية الإسلامية لامونجان سيرانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBA_201220052_Cover.pdf

Download (223kB)
[img] Teks
S_PBA_201220052_Lampiran Depan.pdf

Download (485kB)
[img] Teks
S_PBA_201220052_BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Teks
S_PBA_201220052_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (516kB)
[img] Teks
S_PBA_201220052_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (668kB)
[img] Teks
S_PBA_201220052_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (703kB)
[img] Teks
S_PBA_201220052_BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Teks
S_PBA_201220052_Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB)

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap nahwu, dan media pembelajaran yang masih konvensional sehingga siswa kurang antusias dalam belajar karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi dan membosankan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan media pembelajaran mind map. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media mind map, kemampuan nahwu siswa dan pengaruh penggunaan media pembelajran mind map tehadap kemampuan nahwu siswa di kelas X madrasah Aliyah miftahun najah lamongan serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantittatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel secara sampling jenuh, Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 10 adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas XA sebagai kelas ekpserimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas XB sebagai kelas control dengan jumlah 25 siswa Berdasarkan hasil penelitian nilai post test siswa kelas XA dengan nilai rata-rata 80.00, Adapun hasil belajar siswa keas XB dengan rata-rata nilai sebesar 74.80, dengan demikian dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan nahwu siswa antara yang menggunakan media pembelajaran mind map dan yang tidak menggunakan media pembelajaran mind map. Berdasarkan hasil uji t independent sample t test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,026 dengan demikian nilai signifikansi lebih kecil daripada 0,05 (0,026 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran mind map terhadap kemampuan nahwu siswa kelas X di madrasah Aliyah miftahun najah lamongan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Mind Map, Kemampuan Nahwu
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Feb 2025 08:09
Perubahan Terakhir: 07 Feb 2025 08:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16310

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.