Sutendi, Dedi (2025) Pengaruh Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal dengan Harga sebagai Variabel Intervening pada Generasi Z di Kota Serang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
T_ES_222641101_Cover.pdf Download (40kB) |
![]() |
Teks
T_ES_222641101_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Teks
T_ES_222641101_Bab I.pdf Download (855kB) |
![]() |
Teks
T_ES_222641101_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (882kB) |
![]() |
Teks
T_ES_222641101_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (455kB) |
![]() |
Teks
T_ES_222641101_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (514kB) |
![]() |
Teks
T_ES_222641101_Bab V.pdf Download (96kB) |
![]() |
Teks
T_ES_222641101_Daftar Pustaka.pdf Download (365kB) |
Abstrak
Industri halal di seluruh dunia telah berkembang pesat, mencakup berbagai bisnis seperti makanan, kosmetik, obat-obatan, dan layanan keuangan. Populasi Muslim global yang terus berkembang secara bertahap mengakui pentingnya barang halal. Pada tahun 2022, proyeksi menunjukkan bahwa konsumsi global barang halal akan mencapai $2,29 triliun, menunjukkan permintaan yang kuat untuk barang-barang ini di semua sektor. Indonesia, dengan populasi Muslim terbesar, memiliki potensi signifikan untuk muncul sebagai kekuatan global dalam bisnis halal. Pemerintah Indonesia telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk mendukung sektor halal lokal dalam mengakses pasar internasional dengan menerapkan langkah-langkah signifikan, termasuk program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) dan pengenalan Undang-Undang Jaminan Produk Halal. (UU JPH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan pembelian di kalangan pelanggan Muslim di kota Serang, khususnya terkait dengan sertifikasi halal, kesadaran halal, dan harga. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif. Peneliti menyebarkan kuesioner dan melaksanakan survei untuk mengumpulkan data. Semua peserta dalam penelitian ini adalah warga Generasi Z dari Kota Serang. Kami melakukan pengambilan sampel secara acak menggunakan metode pengambilan sampel acak terstratifikasi proporsional. Sampel terdiri dari 200 individu. Untuk analisis data, kami menggunakan analisis partial least squares (PLS) dengan perangkat lunak smartPLS versi 3.2.9. Temuan penelitian menunjukkan bahwa harga, pengetahuan halal, dan sertifikasi halal memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara sebagian terhadap pilihan pembelian pelanggan. Konsumen memprioritaskan harga dan sertifikasi halal saat membeli produk, selain itu pengetahuan halal yang meningkat membuat mereka lebih teliti dalam keputusan pembelian mereka. Sertifikasi halal dan kesadaran halal memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penetapan harga. Konsumen yang memiliki kesadaran halal yang kuat tidak akan mempermasalahkan harga produk yang memiliki sertifikasi halal. Harga, sertifikasi halal, dan pengetahuan halal semuanya memiliki dampak tidak langsung terhadap keputusan pembelian. Ketika suatu produk memiliki sertifikasi halal, konsumen yang memiliki pengetahuan tentang halal tidak akan memperdebatkan harga.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Sertifikasi halal, kesadaran halal, keputusan pembelian, harga |
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.9 Aspek fiqh lainnya > 2x4.91 Makanan dan minuman |
Divisi: | Magister > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 06 Feb 2025 03:55 |
Perubahan Terakhir: | 06 Feb 2025 03:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16283 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |