Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 1 Baros Kabupaten Serang)

Dalalah, Lala (2025) Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 1 Baros Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210091_Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Teks
S_PAI_201210091_Lampiran Depan.pdf

Download (766kB)
[img] Teks
S_PAI_201210091_BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Teks
S_PAI_201210091_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (179kB)
[img] Teks
S_PAI_201210091_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (121kB)
[img] Teks
S_PAI_201210091_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (210kB)
[img] Teks
S_PAI_201210091_BAB V.pdf

Download (24kB)
[img] Teks
S_PAI_201210091_Daftar Pustaka.pdf

Download (77kB)

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah adanya Perlakuan Index Card Match di Kelas VIII SMP Negeri 1 Baros dan Untuk Mengetahui Pengaruh Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 1 Baros Kabupaten Serang. Strategi Pembelajaran penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran kuantitatif dengan penelitian kuasi eksperimen (Quasi Experimental Design) jenis (Nonequivalent control group design). Untuk Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII H dan diambil sebanyak 30 responden sebagai uji ke validitas, reliabilitas, tes kesukaran Dan daya Beda Soal. Dan Peneliti mengambil sampel dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 60 siswa. Yakni kelas VIII E sebagai Kelas Eksperimen dan Kelas VIII D sebagai Kelas Kontrol. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas, dan Independet Sample T-test. Dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan ada perbedaan, Hal ini ditunjukkan dari skor rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum perlakuan memiliki skor sebesar 51,83 dan kelas kontrol memiliki skor sebesar 51,67 Sedangkan Skor rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah perlakuan memiliki skor hasil belajar sebesar 86,76 dan kelas kontrol memiliki skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,7. Sehingga dapat diartikan bahwa setelah perlakuan hasil belajar siswa yang menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match lebih tinggi atau lebih baik dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match. Dari hasil perhitungan uji independent sample t-test memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) pada Post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,000 <0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Ada Pengaruh Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 1 Baros Kabupaten Serang, Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan, karena adanya perubahan Hasil belajar siswa kelas VIII E setelah menggunakan Index Card Match pada pembelajaran PAI di di SMP Negeri 1 Baros. Sehingga penggunaan Index Card Match memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap hasil belajar siswa. Sehingga terjadi perbedaan antara kelas yang menggunakan Index Card Match dan kelas yang tidak menggunakan Index Card Match.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi pembelajaran, index Card Match (ICM) dan hasil belajar siswa
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Feb 2025 08:11
Perubahan Terakhir: 05 Feb 2025 08:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16279

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.