Mahardika, Reski (2025) Pengaruh Model Pembelajar Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Eksperimen di MAN 1 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PAI_201210056_Cover.pdf Download (292kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210056_Lampiran Depan.pdf Download (592kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210056_BAB I.pdf Download (331kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210056_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (600kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210056_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (564kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210056_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (810kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210056_BAB V.pdf Download (103kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_201210056_Daftar Pustaka.pdf Download (198kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa di kelas eksperimen, mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta untuk mengetahui perbedaan motivasi siswa dalam belajar fiqih antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini dapat bermanfaat untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan serta dapat memberikan gambaran yang mengenai pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode quasi eksperimen dan Nonequevalent Control Group Design sebagai desain penelitian yang digunakan dengan angket sebagai instrumennya. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X MAN 1 Pandeglang. Kelas X6 di jadikan sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran project based learning dan kelas X5 dijadikan sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan motivasi belajar siswa dengan nilai rata rata posttest pada kelas eksperimen 84,74 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 67,76. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan hasil uji Independent Samples T-Test bahwa telah diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) pada nilai post-test kelas eksperimen maupun kelas kontrol dengan nilai 0,000 <0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan mean yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwat terdapat pengaruh motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan”. Adapun berdasarkan hasil uji N-Gain bahwa pada kelas eksperimen (X6) memperoleh nilai 62% yang termasuk ke dalam kategori cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen berdasarkan hasil nilai uji N-Gain. Sedangkan hasil nilai yang diperoleh kelas kontrol (X5) adalah 18% dan termasuk ke dalam kategori lemah. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini terdapat pengaruh terkait motivasi belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran fiqih dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan kategori cukup efektif.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Project Based Learning (PjBL), Quasi Eksperiment, Motivasi Belajar, Fiqih |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 05 Feb 2025 02:57 |
Perubahan Terakhir: | 05 Feb 2025 02:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16255 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |