Pengaruh Budaya Living Al-Qur’an dalam Pembelajaran terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Mathla’ul Huda Pabatan

Holisah, Umi (2025) Pengaruh Budaya Living Al-Qur’an dalam Pembelajaran terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Mathla’ul Huda Pabatan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210007_Cover.pdf

Download (198kB)
[img] Teks
S_PAI_201210007_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_PAI_201210007_BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Teks
S_PAI_201210007_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (341kB)
[img] Teks
S_PAI_201210007_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (397kB)
[img] Teks
S_PAI_201210007_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (343kB)
[img] Teks
S_PAI_201210007_BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
S_PAI_201210007_Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB)

Abstrak

Penelitian ini akan berfokus melihat bagaimana kecerdasan spiritual siswa dan bagaimana pengaruh budaya living Al-Qur’an dalam pembelajaran terhadap kecerdasan spiritual siswa di MTs Mathla’ul Huda Pabatan. Adanya kajian ini, setidaknya dapat memberikan relevansi dalam melihat bagaimana pengembangan model pembelajaran siswa termasuk adanya budaya living Qur’an di sekolah dalam proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga akan menguraikan secara luas bagaimana pengaruh budaya living Al-Qur’an dalam membangun kecerdasan spiritual siswa di sekolah. Objek yang menjadi penelitian penulis adalah budaya living Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiah (MTs) Mathla’ul Huda Pabatan yang sekaligus menjadi data primer dan kemudian didukung dengan data sekunder yang mengaju pada sumber-sumber rujukan sebagai data guna menambah informasi yang sesuai dalam kajian ini. Penelitian ini tergolong pada metode kuantitatif yang menggunakan model Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh menggunakan rumus model regresi linier sederhana, maka diperoleh niai konstanta sebesar 66,072. Secara sisitematis, nilai konstanta tersebut menyatakan bahwa pada saat budaya living Qur’an 0, maka kecerdasan spiritual siswa memiliki nilai 66,072. Kemudian diperkuat dengan adanya uji hipotesis, diperoleh hasil bahwa nilai t hitung > t tabel (0,821 > 0,202), artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa budaya living Qur’an berpengaruh positif secara signifikansi terhadap kecerdasan spiritual siswa di MTs Mathla’ul Huda Pabatan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Budaya Living Al-Qur’an, Pembelajaran, Kecerdasan Spiritual
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Feb 2025 05:16
Perubahan Terakhir: 04 Feb 2025 05:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16252

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.