Fauziah, Silvia (2025) Tren Jilbab dalam Perspektif Interaksionisme Simbolik di Kalangan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten Angkatan 2021. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_KPI_201510143_Cover.pdf Download (25kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510143_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510143_BAB I.pdf Download (386kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510143_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (531kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510143_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (189kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510143_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (815kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510143_BAB V.pdf Download (204kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510143_Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) |
Abstrak
Meskipun kini hijab sudah dikenakan oleh banyak muslimah di seluruh dunia, masalah yang kerap muncul adalah ketidaksesuaian antara penampilan berhijab dengan perilaku beberapa oknum muslimah. Salah satu penyebab ketidaksesuaian ini adalah kewajiban berhijab yang dipatuhi sering kali tidak didasari oleh pemahaman atau kesadaran pribadi, melainkan hanya karena tuntutan atau bahkan sekadar mengikuti tren. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : Bagaimana Perspektif Interaksionisme simbolik pada tren jilbab yang ada di kalangan Mahasiswa Prodi KPI UIN SMH Banten dan bagaimana pesan komunikasi pada tren jilbab di kalangan KPI UIN SMH Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teori yang digunakan yaitu interaksionisme simbolik dari george Herbert Mead. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah tren jilbab dalam perpektif interaksionisme simbolik yang ada di kalangan Mahasiswa Prodi KPI UIN SMH Banten, menunjukkan bahwa pendapat mahasiswa mengenai adanya tren jilbab di kalangan mahasiswa memiliki dampak signifikan terhadap pemahaman dan pemaknaan jilbab yang melahirkan sebuah simbol. Bagi sebagian mahasiswa, penggunaan jilbab tidak hanya sebagai kewajiban agama, tetapi juga sebagai gaya hidup yang mencerminkan identitas diri nya dan sebagai bentuk perubahan sosial di masyarakat. Mereka mengeekspresikannya melalui berbagai variasi model jilbab. Pesan komunikasi pada tren jilbab yang ada sering kali mencerminkan nilai-nilai yang berkembang, penggunaan jilbab sering kali dianggap sebagai bentuk ekspresi keagamaan, menunjukkan komitmen terhadap nilai-nilai islam dan ada dua pola dominan yaitu Tren Jilbab modern dan jilbab Syar'i yang dimana Mahasiswa memilih model jilbab yang mematuhi aturan syari'at Islam, seperti menutupi bagian dada dan bahu, namun dengan gaya yang tetap sesuai dengan tren fashion terkini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | tren Jilbab, Mahasiswa, Komunikasi |
Subjek: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.3 Humanisme 100 Filsafat & Psikologi > 110 Metafisika > 111 Ontologi > 111.6 Terbatas dan Tak Terbatas > 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.3 Humanisme |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2025 08:10 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2025 08:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16243 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |