Pengembangan Buku Ajar Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Pembulatan Hasil Pengukuran Siswa Kelas IV SD (R&D di kelas IV SDN Ujung Tebu).

Robiatussoleha, Siti (2025) Pengembangan Buku Ajar Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Pembulatan Hasil Pengukuran Siswa Kelas IV SD (R&D di kelas IV SDN Ujung Tebu). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_171240148_COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240148_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (625kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240148_BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240148_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (206kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240148_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (367kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240148_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (751kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240148_BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240148_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan sebuah buku ajar matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D model ADDIE yang dikembangkan oleh dick dan carry yang menggunakan lima langkah yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes hasil. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatis. Dengan sampel 22 siswa kelas IV SDN Ujung Tebu. Hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 4.81 dengan kategori “sangat baik”. Pada validasi ahli materi memperoleh skor 4.92 dengan kategori “sanagt baik’. Sehingga keseluruhan dari dua aspek tersebut memperoleh skor 4.86 dengan kategori “sangat baik”. Dengan begitu produk buku ajar matematika sudah layak untuk digunakan. Sementara hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan khususnya dalam berpikir tingkat tinggi setelah menggunakan buku ajar matematika. Dari hasil uji coba sebelum menggunakan produk buku ajar matematika yaitu 48.5, setelah menggunakan produk buku ajar matematiaka ini memperoleh skor 81.3 dengan kategori “efektif”

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Buku Ajar Matematika, Berpikir Tingkat Tinggi, Pembulatan Hasil Pengukuran
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2025 07:27
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2025 07:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16240

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.